Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Indonesia Laksanakan Umroh

Kamis , 02 Jun 2022, 14:46 WIB Reporter :Ahmad Syalaby Ichsan/ Redaktur : Ani Nursalikah
Suasana jamaah yang sedang umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (1/6/2022). Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Indonesia Laksanakan Umroh
Suasana jamaah yang sedang umroh di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Rabu (1/6/2022). Tiba di Tanah Suci, Petugas Haji Indonesia Laksanakan Umroh

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Sebanyak 325 Petugas Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi akhirnya sampai di Bandara International King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi, pada Rabu (1/6/2022) sekitar pukul 17.20 Waktu Arab Saudi. Para petugas pun langsung mengambil miqat di bandara untuk berniat ihram dalam rangka menunaikan umroh di Masjidil Haram.

 

Terkait

Selepas menunaikan sholat jamak Maghrib dan Isya juga sholat sunah ihram, para petugas diantar terlebih dahulu ke Hotel Al Kiswah di daerah Jarwal di Makkah, yang berada dekat di Kompleks Masjidil Haram. Hotel nantinya akan digunakan sebagai fasilitas akomodasi bagi jamaah haji Indonesia tahun ini.

Baca Juga

Setelah menaruh koper ke kamar masing-masing, mereka langsung bergegas ke Masjidil Haram dengan diantar angkutan yang disiapkan daerah kerja setempat. Rombongan petugas tampak leluasa memasuki Masjidil Haram.

Meski ada Askar (Pengamanan Masjidil Haram) yang berjaga, mereka dapat memasuki tanah haram tersebut tanpa harus menunjukkan platform aplikasi yang diwajibkan selama pandemi. Para askar pun tidak menghalangi jamaah yang tidak mengenakan masker. Meski demikian, banyak diantara petugas PPIH memilih mengenakannya.

Para petugas tampak khusyuk melakukan umroh. Banyak diantaranya yang menangis karena baru melihat Ka'bah untuk pertama kalinya. Salah satunya petugas dari Media Center Haji (MCH) Daker Bandara Surya Yuli. Jurnalis dari salah satu media di Jawa Tengah itu tak mampu menahan haru.

"Terharu saya pak," ujar dia.

Mereka mengawali prosesi ibadah dengan tawaf qudum (berputar mengelilingi Ka'bah tujuh kali) yang wajib dilakukan bagi jamaah calon haji Tamattu. Pantauan Republika, kondisi Ka'bah masih dihalangi dengan pembatas.