Kabupaten Pesisir Selatan Berangkatkan 56 Orang Jamaah Haji

Rabu , 08 Jun 2022, 05:16 WIB Reporter :Febrian Fachri/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kabupaten Pesisir Selatan Berangkatkan 56 Orang Calon Jamaah Haji. Foto:   Seorang calon haji melambaikan tangan kepada keluarganya sebelum memasuki pesawat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Sabtu (4/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama asal Padang mulai diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi.
Kabupaten Pesisir Selatan Berangkatkan 56 Orang Calon Jamaah Haji. Foto: Seorang calon haji melambaikan tangan kepada keluarganya sebelum memasuki pesawat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Padangpariaman, Sumatera Barat, Sabtu (4/6/2022). Sebanyak 393 jamaah calon haji tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama asal Padang mulai diberangkatkan ke Jeddah, Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,PAINAN--Bupati Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Rusma Yul Anwar, hari ini, Selasa (7/6/2022) melepas 56 orang warga Pessel yang akan berangkat menunaikan ibadah haji.

 

Terkait

Pelepasan dilakukan di Masjid Akbar Baiturrahman, Painan. 56 jamaah dari Pessel ini terdiri dari laki-laki 25 orang, perempuan 31 orang dan ditambah ada 6 petugas.

Baca Juga

"Perjalanan ibadah haji, berat. Apalagi,  cuaca di Arab Saudi saat ini berkisar 45 derajat celcius. Tentu, kesehatan jemaah, ketahanan, kemampuan adaptasi dengan suhu yang tinggi diperlukan," kata Rusma.

Rusma mengingatkan jamaah calon haji dari Pessel agar selalu melakukan konsultasi kesehatan dengan petugas medis bila ada kendala.  Rusma mendoakan jamaah haji dari Pessel menjadi haji yang mabrur dan bisa kembali berkumpul dengan keluarga di tanah air.

Bupati meminta agar selama berada di Tanah Suci, para jamaah menjauhi hal-hal yang menghilangkan atau merusak ibadah haji, seperti rafat yaitu perbuatan dosa yang disebabkan gejolak nafsu birahi atau seks, Fusuq, perbuatan dosa yang disebabkan sifat tercela, sombong, iri hati, adu domba serta sifat Jidal yaitu perbuatan dosa yang disebabkan oleh tidak adanya kesabaran hingga timbul pertengkaran dan berbantah-bantahan.

"Manfaatkanlah waktu berhaji ini dengan memperbanyak ibadah kepada Allah. Bapak ibu yang berhaji tahun ini adalah orang pilihan karena ada pembatasan jumlah dari pemerintah Arab Saudi," ujar Rusma.

Jamaah dari Pesisir Selatan akan bergabung ke dalam kelompok terbang (kloter) V Embarkasi Haji Padang. Mereka masuk asrama haji malam ini dan akan diterbangkan ke Arab Saudi dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Rabu (8/6/2022) besok. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini