Kamis 09 Jun 2022 12:52 WIB

Ini Penyakit Terbanyak yang Dialami Jamaah Haji Indonesia

Diabetes menjadi salah satu penyakit terbanyak jamaah haji Indonesia.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
 Ini Penyakit Terbanyak yang Dialami Jamaah Haji Indonesia. Foto:  Tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sektor 2 menuju Golden Orjwan Hotel untuk melakukan penyuluhan kesehatan. Tim yang terdiri tiga anggota satu tenaga pendukung kesehatan ini tiba di lokasi jamaah menginap, pukul 06.50 WAS, Rabu (7/6).
Foto:

 

photo
Tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sektor 2 menuju Golden Orjwan Hotel untuk melakukan penyuluhan kesehatan. Tim yang terdiri tiga anggota satu tenaga pendukung kesehatan ini tiba di lokasi jamaah menginap, pukul 06.50 WAS, Rabu (7/6). - (Republika/Ali Yusuf)

 

Promosi Kesehatan

Sementara, pada Rabu (7/6/2022), pukul 06.40 WAS tim promosi kesehatan (promkes) PPIH Arab Saudi bidang kesehatan sektor 2 menuju Golden Orjwan Hotel untuk melakukan penyuluhan kesehatan. Tim yang terdiri tiga anggota satu tenaga pendukung kesehatan ini tiba di lokasi jamaah menginap, pukul 06.50 WAS.

Pantauan Republika anggota tim promkes Muhammad Albar langsung masuk ke bus jamaah SUB 04 untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatannya sebelum jamaah turun dari bus. Sebelum Albar naik masuk ke dalam bus, PPIH Arab Saudi dari Kemenag masuk lebih dulu untuk menyampaikan selamat datang dan bagaimana teknis ibadah di Masjid Nabawi atau arbain.

Bus pertama datang sekitar pukul tujuh lewat. Ada 10 bus yang mebawa 447 jamaah asal Jawa Timur ini dari Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

"Bapak dan ibu jaga kesehatan ya, selalu menggunakan alat pelindung diri, kaca mata, topi, masker dan sandal. Jangan lupa minum jangan tunggu haus," seru Albar.

Hal dimikian juga Albar lakukan di setiap bus yang mambawa jamaah.  Sementara anggota promkes lain Siti Habibah menjegat di pintu masuk untuk menyampaikan pesan-pesan kesehatan sambil menyemprotkan air ke muka agar tidak kering. 

"Ini air zamzam bagus bu," kata Habibah.

Habibah juga mengingatkan kepada jamaah yang tidak menggunakan masker dengan baik.

"Ayo ibu bapak haji masuk dulu, jangan lupa maskernya dipakai dengan benar," kata Habibah kepada jamaah yang maskernya tidak gunakan dengan benar," katanya.

Petugas hotel juga terlihat sibuk mondar mandir membawa koper-koper jamaah yang telah dikeluarkan di lambung bus oleh tim PPIH Arab Saudi Kementerian Agama. Koper-koper ini mereka tata sementara di depan pintu lift hotel.

Sementara itu dr Ade Syahputra dari tim

Emergency Medical Tim (EMT) langsung mendakat jamaah yang terlihat lemas dan kakinya bengkak. Ade membawa jamaah yang sakit duduk di sofa untuk dicek kesehatannnya.

Kepada Tohari Ade berpesan, agar menjaga kesehatannya supaya bisa beribadah. "Jaga kesehatannya ya biar jadi haji mabrur," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement