Meski Sandar Hilamg, Jangan Nekad Berjalan Tanpa Alas Kaki Ketika Berhaji

Sabtu , 11 Jun 2022, 15:09 WIB Redaktur : Muhammad Subarkah
dr Muhammad Mansyur dari PPIH Arab Saudi bidang kesehatan memberikan sandak pengganti kepada jamaah haji di Masjid Nabawi, Jumat (10/6).
dr Muhammad Mansyur dari PPIH Arab Saudi bidang kesehatan memberikan sandak pengganti kepada jamaah haji di Masjid Nabawi, Jumat (10/6).

IHRAM.CO.ID, MADINAH -- Inilah kisah sedih dari dua jamah haji dari kloter SOC 09 asal Rembang Jawa Tengah, Munawar Amsar Yahman dan Sukamto Dasi Lasiman, yang kehilangan sandal di pintu empat Masjid Nabawi. Seperti biasa sandal mereka hilang karena disimpan di tempat penyimpanan pintu empat masjid. Meski begitu mereka sadr bila nekad berjalan kaki tanpa alas kaki di Arab Saudi yang mempunyai cuaca yang ekstrim (bisa sangat dingin dan panas) kaki mereka akan melepuh.

 

Terkait

Akibatnya, keduanya tidak mau pulang ke pondokan karena takut kakinya melepuh. Mereka tetap berada di dalam masjid Nabawi untuk menghindari panasnya lantai masjid karena tersinari matahari.  Keduanya tetap diam menunggu pertolongan sampai petugas datang membawa sandal. 

 

Apa yang dilakukan kedua jamaah ini patut dicontoh. Ketika kehilangan sandar mereka menghubungi petugas haji atau temannya untuk meminta tolong. Keduanya tidak memaksakan berjalan ke pondokan. 

 

Petugas penyelenggara ibadah haji (PPIH) Arab Saudi bidang kesehatan dr Muhammad Mansyur ketiika tahu akan kendala itu langsung datang menolongnya. Dia menemui mereka langsung serta membelikan sandal di sekitar pintu gerbang 303.

 

Terkait peristiwa tersebut, petugas kesehatan kemudian tak henti-hentinya memberikan himbauan kepada semua jamaah haji agar tidak menitipkan sandalnya di tempat penyimpanan Masjid Nabawi atau menitipkannya kepada teman. Ini untuk menghindari hilangnya alas kaki/sandar. Ini karenasudah sering terjadi, sandal yang diletakan begitu saja ketika shalat di Masjid Nabawi tak pernah bisa ditemukan lagi. 

 

Tak hanya di Masjid Nabawi, ketika di Masjidil Haram jamaah haji juga harus menjaga sandarnya agar jangan sampai hilang. Harap diketahui di kedua masjid suci itu secara rutin -- sekitar tengah malam -- petugas kebersihan akan menyisir semua sandar yang terkesan tercecer. Mereka akan mengumpulannya untuk dibawa ke tempat pembuangan sampah.

 

Ali Yusuf

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini