Intip Fasilitas Kamar Hotel Jamaah Haji di Makkah

Selasa , 14 Jun 2022, 10:01 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (13/6).
Jamaah haji Indonesia gelombang pertama mulai melaksanakan umrah di Masjidil Haram, Makkah, Senin (13/6).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jamaah Haji asal Indonesia yang berada di Madinah secara bertahap kini telah bergerak menuju Makkah. Kedatangan mereka disambut hangat dan penuh suka cita.

 

Terkait

Sebelumnya, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi terus berupaya meningkatkan layanan terbaik bagi jemaah haji. Salah satu layanan yang diperoleh jamaah adalah hotel tempat mereka tinggal selama berada di Makkah. 

Baca Juga

Menjelang kedatangan jemaah haji dari Madinah Mekkah, kondisi kamar di Hotel Safwat Al shroq yang berada di Kawasan Raudah dan menjadi wilayah Sektor 3 menjadi salah satu yang ditinjau oleh para petugas.

Hotel-hotel yang berada di Kawasan Raudah termasuk Hotel Safwat Al shroq akan ditempati oleh jamaah dari embarkasi Medan, Palembang, Jakarta, dan Jakarta-Lampung, serta Banda Aceh. 

Kamar-kamar yang berada di hotel ini rata-rata dapat diisi oleh tiga hingga empat jamaah. Di dalamnya telah disediakan kasur empuk, kamar mandi bersih dilengkapi shower, wastafel, serta toilet yang nyaman. 

Selain lemari, setiap kamar juga dilengkapi dengan televisi. Sebuah kulkas disediakan dan bisa digunakan untuk menyimpan minuman dan buah-buahan agar tetap segar dikonsumsi. 

Kepala Sektor 3, Muslim Lubis, mengatakan secara umum seluruh hotel yang berada di Sektor 3 sudah siap ditempati jamaah.

"Akomodasi di sektor 3, Alhamdulillah sudah siap terdiri dari 6 lokasi, yaitu hotel 301, 302, 303, 304, 305 dan 306,” kata Muslim dalam keterangan yang didapat Republika, Selasa (14/6/2022).

Ia menyebut setiap hotel yang telah dikontrak ini dilakukan pengecekan oleh tim, yang kita bagi atas tiga tim. Ia menyampaikan persiapannya sudah menuju akhir.

Di setiap lantai juga tersedia mesin cuci yang bisa digunakan jamaah, dengan seluruhnya dalam kondisi siap pakai. Menurut Muslim, kondisi lift sudah diperiksa agar seluruhnya dipastikan dapat digunakan, termasuk mengecek lampu-lampu kamar yang sejauh ini kondisinya baik.

"Karena seluruh akses masuk kamar menggunakan kunci elektronik berupa sejenis kartu, saya mengimbau jamaah untuk menitipkan kuncinya di resepsionis saat meninggalkan hotel, semata-mata agar tidak hilang,” lanjutnya. 

Sejumlah hotel disiapkan PPIH Arab Saudi Daerah Kerja Mekkah tersebar di lima sektor. Di Sektor 1 Mahbas Jin terdapat enam hotel, yaitu Swiss Bel Hotel, Arkan Bakkah 1, Arkan Bakkah 2, Dar Ummul Qura Golden, Safwat Al Bait 1, serta Bab Al Multazam 

Di sektor 2 Syisyah sebanyak 12 hotel. Mereka adalah Tharawat Al Taqwa, Snood Al Jawharah, Shafa Al Murjan, Ya'kub Bek Al Quqandi, Surra Man Ro'a, Al Khulafaa Hotel 2, Sultam Hotel, Al Khulafaa Hotel 3, Basharahil Plaza, Imarah Ubaidillah, Maheil Hotel dan Faishal  Al Qurashi.

Sektor 3 Raudhah sebanyak enam hotel, yaitu Al Lu'luah Hotel, Retaj Al Rayyan, Tharawat Al Rawda 2, Safwat Al Shroq, Winar Hotel dan As Saqreya Tower. Di Sektor 4 Jarwal terdapat dua hotel, yaitu Al Kiswah Tower dan Al Faiha Palace.

Sementara Sektor 5 Misfalah tersedia 14 hotel. Di antaranya Mayar Muyassar,  Malak Al Safwa, Manazil Al Hour 2, Rose Garden, Rizq Palace, Abeer Al Fadila, Al Khalil Hotel, Tharawat Al Khalil,Makrem Diyafah Al Bait, Su'ad Palace, Dar Hasan, Durat Rahaf, Durat Asma', serta Tharawat Al Misfalah.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini