Upaya Tim Promkes Pikat Perhatian Jamaah

Sabtu , 18 Jun 2022, 14:01 WIB Reporter :Ali Yusuf / Jurnalis : Fian Firatmaja
Foto : Republika/Ali Yusuf
Tim promosi kesehatan (Promkes) PPIH Arab Saudi dr Ade Irma Rosiani dan Muhammad Albar Nur melakukan sosialisasi pesan-pesan kesehatan di sektor dua SUB 16, Kamis (16/6) sore di hotel Golden Ergwan Hotel lantai M.Untuk menambah semangat dan menarik perhatian jamaah asal Malang, Pasuruan, dan Gresik mendengar  promosi kesehatan, Ade Irma Rosiani dan Muhammad Albar memberikan mereka hadiah.

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Tim promosi kesehatan (Promkes) PPIH Arab Saudi dr Ade Irma Rosiani dan Muhammad Albar Nur melakukan sosialisasi pesan-pesan kesehatan di sektor dua SUB 16. Sosialisasi pesan-pesan kesehatan dilaksanakan di hotel Golden Ergwan Hotel lantai M.

 

Terkait

Untuk menambah semangat dan menarik perhatian jamaah asal Malang, Pasuruan, dan Gresik mendengar  promosi kesehatan, Ade Irma Rosiani dan Muhammad Albar memberikan mereka hadiah.

Mendengar hal itu, jamaah terlihat antusias dan tidak mengantuk, saat tim promkes mengingatkan agar jamaah selalu menjaga kesehatannya dengan cara tidak melakukan aktivitas berlebihan. Jamaah juga diminta minum air putih jangan menunggu haus. 

Pada saat yang sama  dr Rossi anggota tim promkes ini juga memberikan edukasi tentang penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap seperti payung, kacamata hitam, masker, semprotan air, alas kaki dan membawa kantong kresek. APD ini terutama sandal harus dipakai untuk mencegah kaki melepuh apabila jamaah haji keluar hotel. 

Selain itu disampaikan juga edukasi untuk mencegah kelelahan, sesuaikan aktifitas ibadah dengan kondisi tubuh. Jamaah harus menghindari sengatan panas (heat stroke). 

Rossi mengatakan, apabila tubuh mengalami dehidrasi maka air seni akan berwarna coklat pekat atau kuning orange. Oleh sebab itu dianjurkan kepada jamaah haji untuk minum air sesering mungkin dan jangan tunggu haus.

etelah memberikan materi promosi kesehatan, dokter Rossi langsung membuka pertanyaan. Pertanyaan disampaikan seorang jamaah yang bertanya bagaimana agar minum berkali-kali, namun tidak buang air kecil terus menerus. 

Mendengar pertanyaan itu Rossi melemparkan jawabannya kepada para jamaah, namun hanya satu jamaah yang dapat menjawab pertanyaan yang benar. Jamaah yang profesi sebagai dalang ini menjawab agar tidak banyak sering buang air kecil, meski banyak minum maka minumnya harus sesuai sunnah Rasulullah dengan tiga kali tegukan dan duduk bersila. 

Sesuai kesepakatan, bagi jamaah yang bertanya dan menjawab pertanyam mereka diberi hadih kipas. Kipas ini tidak hanya sekedar kipas tetapi ada pesan-pesan kesehatan di dalam kipas tersebut.

 

 

 

 

Videografer | Ali Yusuf

Video Editor | Fian Firatmaja

BERITA LAINNYA