Selasa 21 Jun 2022 21:21 WIB

Khofifah Ingatkan Calhaj tak Sepelekan Penggunaan Masker

Jamaah diminta menjaga protokol kesehatan selama di Tanah Suci.

Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19
Foto: Republika
Ilustrasi Jamaah haji dan umroh pakai masker di masa pandemi covid-19

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan jamaah calon haji asal daerah itu untuk tidak menyepelekan penggunaan masker sebagai bentuk disiplin protokol kesehatan selama berada di Tanah Suci."Meskipun di sana panas, tolong jangan sepelekan menggunakan masker karena protokol kesehatan di sana sangat penting," ujarnya di sela memberangkatkan jamaah calon haji kelompok terbang (kloter) 24 di Asrama Haji Sukolilo Surabaya, Selasa (21/6/2022).

Ia juga meminta jamaah tetap menjaga kesehatan, sebab ibadah haji tahun ini harus dijalankan di tengah cuaca Arab Saudi yang panas.Menurut Khofifah, cuaca panas atau lebih dari 40 derajat Celcius, membuat sebagian jamaah gerah sehingga ada kecenderungan melepas masker.

Baca Juga

Selain itu, menjaga protokol kesehatan tidak boleh disepelekan karena mereka berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai belahan dunia."Bismillah semoga semua berangkat sehat, kembali ke Tanah Air nanti pun dalam kondisi sehat. Berangkat selamat kembali juga selamat," ucapnya.

Dengan didampingi Kepala Kanwil Kemenag JatimHusnul Maram, Gubernur Khofifah mendoakan jamaah agar diberi kesehatan, keselamatan, dan kelancaran selama menunaikan ibadah di Tanah Suci."Semoga semua diberikan kelancaran dalam ibadah dan bisa khusyuk sehingga semua kembali sebagai haji mabrur," kata orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Khofifah meminta jamaah ikut mendoakan bangsa Indonesia, khususnya Jawa Timur, agar tetap aman, damai, dan sejahtera.Melalui doa, kata dia, tercipta kedamaian antarmasyarakat sehingga membangun satu harmoni dalam satu kesatuan.

"Mereka pimpinan KBIH(Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) sangat memungkinkan memandu atau mengajak jamaah untuk tidak hanya berdoa bagi dirinya dan keluarganya, tapi saya juga minta tolong doakan bangsa Indonesia dan Jawa Timur," katanya.

Berdasarkan data dari Kemenag Jatim untuk Embarkasi Surabaya tahun ini ada 16.967 calonhaji yang dilayani dan terbagi dalam 38 kloter.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement