Negara Bagian Kebbi Nigeria Kirim 2.000 Lebih Jamaah Haji  

Rabu , 22 Jun 2022, 23:27 WIB Reporter :Umar Mukhtar/ Redaktur : Nashih Nashrullah
ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Penerbangan pertama jamaah haji Kebbi Nigeria dimulai Kamis
ilustrasi Jamaah Haji Nigeria. Penerbangan pertama jamaah haji Kebbi Nigeria dimulai Kamis

IHRAM.CO.ID, ABUJA – Ketua Badan Kesejahteraan Jamaah (PWA) negara bagian Kebbi di Nigeria, Alhaji Haruna Abubakar Mai menyampaikan penerbangan perdana dari negara bagian Kebbi diperkirakan lepas landas pada Kamis (23/6/2022) besok menuju Arab Saudi. Penerbangan ini akan mengangkut sekitar 2.128 untuk melaksanakan haji tahun ini. 

 

Terkait

Abubakar mengatakan, tidak ada wanita hamil yang diizinkan naik ke pesawat. "Karena semua jamaah wanita akan diperiksa dan diuji kehamilannya sehingga tidak ada yang akan mengelak," tutur dia seperti dilansir Vanguard, Rabu (22/6/2022). 

Baca Juga

Dia juga menjelaskan, terdapat langkah-langkah keamanan yang diambil untuk melindungi jamaah dan pejabat lembaga termasuk pemberian kartu kuning oleh masing-masing jamaah lintas jenis kelamin. Ini merupakan bukti vaksinasi covid-19. "Jika tidak, jamaah tidak akan diizinkan masuk ke kamp," katanya. 

Abubakar juga menekankan bahwa akomodasi yang layak huni telah diamankan untuk semua peziarah. Termasuk pengaturan transportasi dari bandara Jeddah ke kota Makkah dan tempat-tempat lain yang ditunjuk untuk ritual haji. 

Dia meminta agar jamaah haji asal Nigeria menjadi duta besar negaranya yang baik saat berada di Tanah Suci. "Saya senang kalian semua menunjukkan moral yang baik, menjauhi kejahatan dan kejahatan sosial lainnya," tuturnya.

Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) pada awal bulan ini telah mengirimkan tim untuk berangkat ke Arab Saudi, Senin (6/6). Ketua NAHCON Zikrullah Kunle Hassan menyebut jamaah haji akan segera berangkat untuk melaksanakan ibadahnya. 

Dalam kegiatan upacara pelepasan tim tersebut di Bandara Internasional Nnamdi Azikiwe tersebut, ia menyebut tugas anggota tim advance ini untuk melakukan persiapan akhir dan mengatur langkah demi keberhasilan operasional haji 2022. 

Ketua NAHCON juga mengingatkan akan tanggung jawab utama mereka, yaitu memeriksa semua perjanjian yang ditandatangani dengan penyedia layanan untuk memastikan rinciannya telah sepenuhnya dilaksanakan.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini