Pria Inggris Pilih Berjalan Menuju Makkah untuk Menunaikan Haji

Selasa , 28 Jun 2022, 13:13 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Agung Sasongko
Adam Muhammad berjalan kaki menuju Arab Saudi.
Adam Muhammad berjalan kaki menuju Arab Saudi.

IHRAM.CO.ID,  LONDON -- Seorang peziarah asal Inggris, Adam Muhammad, akhirnya tiba di Makkah, Ahad (26/6). Ia telah menyelesaikan perjalanan sekitar 11 bulan dengan berjalan kaki untuk menunaikan haji 2022.

 

Terkait

Orang Inggris asal Kurdistan itu diliputi kegembiraan saat akhirnya menginjakkan kaki di kota itu. Kerumunan besar di Masjid e Aisha pun menyambut kehadirannya.

Baca Juga

Dilansir di Gulf Today, Selasa (28/6/2022), Adam mengatakan perjalanannya dengan berjalan kaki ini dimulai di Inggris sekitar 10 bulan dan 26 hari yang lalu. Ia harus melewati sembilan negara sebelum mencapai Makkah dan menunaikan haji tahun ini.

Pria berusia 52 tahun ini mengatakan dia harus menghadapi segala macam masalah dan kesulitan dalam perjalanan yang sulit, termasuk cuaca yang keras. Setibanya di Mekah, dia berkata, melaksanakan ibadah haji adalah keinginan tertinggi dan tersayangnya.

Lebih lanjut, ia lantas mengungkapkan rasa terima kasih kepada orang-orang di Kerajaan Saudi yang telah menghujaninya dengan kemurahan hati mereka sejak kedatangannya di negara tersebut.

Adam secara resmi menyelesaikan perjalanan sepanjang 6.500 km dari Wolverhampton Inggris ke kota Makkah di Arab Saudi. Perjalanannya harus melewati Belanda, Jerman, Republik Ceko, Hongaria, Rumania, Bulgaria, Turki, Suriah dan Yordania sebelum memasuki Arab Saudi.

"Suatu hari saya bangun dari tidur dan berkata pada diri sendiri bahwa saya akan pergi haji. Dan saya melakukannya," kata dia kepada media lokal tentang asal mula perjalanannya ini.

Sepanjang perjalanan, Adam mendorong sebuah gerobak yang berisi barang-barangnya dan digunakan sebagai tempat perhentian atau beristirahat. Ia pun menamakan upayanya ini sebagai "perjalanan damai".

Beberapa waktu lalu, Arab Saudi mengumumkan prosedur baru bagi calon jamaah dari Barat yang ingin melakukan ibadah haji tahun ini. Mereka juga tengah mempersiapkan diri untuk melayani satu juta jamaah haji dari dalam dan luar Kerajaan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini