Jelang ke Arafah, Jamaah Khusyuk Ibadah di Pemondokan

Rabu , 06 Jul 2022, 18:38 WIB Reporter :A Syalaby Icshan/ Redaktur : Agung Sasongko
Pemondokan ilustrasi
Pemondokan ilustrasi

IHRAM.CO.ID, MAKKAH -- Jamaah haji Indonesia akan diberangkatkan menuju Arafah mulai Kamis ( 7/7) sore atau 8 Dzulhijjah. Selama menunggu pemberangkatan, jamaah tampak menyibukkan diri dengan beragam aktivitas ibadah seperti sholat, membaca Alquran, berdzikir hingga bertahlil.

 

Terkait

Jamaah asal Cikijing, Majalengka, Jawa Barat, Nana Masduki Sanhuri mengugkapkan, aktivitas ibadah dapat membuatnya lebih fokus dalam menunggu puncak haji. Dia pun kerap mengikuti kegiatan tahlilan yang diselenggarakan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). "Ada tahlilan dan shalawat dibimbing KBIH,"ujar Nana di Hotel Suad, Misfalah, Makkah, Arab Saudi, Rabu (6/7).

Baca Juga

Saat ada kesempatan, Nana bersama teman serombongannya masih pergi ke Masjidil Haram untuk melaksanakan sholat wajib dan tawaf. Meski demikian, Nana mengaku harus menumpang taksi karena Bus Shalawat sudah tidak beroperasi pada 4 Juli.

Selain itu, Nana sudah menyiapkan perbekalan selama berada di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). Diantara bekal yang akan dibawa yakni kain ihram, pakaian dan air sebanyak tiga botol. "Satunya botol berisi oralit,"jelas jamaah asal Embarkasi Jakarta-Bekasi (JKS).

Jamaah asal Pasuruan, Jawa Timur Erik Wahyudi menjelaskan, pihak KBIH mengadakan istighosah di pemondokannya di Hotel Arkan Bakkah 1 yang terletak di Mahbas Jin, Makkah. Selain itu, mereka menyibukkan diri dengan sholat berjamaah di masjid terdekat.

Erik mengaku telah menyiapkan baju ganti dan perbekalan berupa roti dan makanan ringan. Erik yang berangkat bersama istrinya, Istiana Agustin juga sudah membekali diri dengan obat-obatan pribadi. Dia pun mengaku punya doa khusus yang akan disampaikan saat berada di Armuzna.

"Semoga seluruh keluarga bisa berangkat ke Tanah Suci,"jelas dia.

Ada sebanyak 19.288 jamaah yang tinggal di Sektor 1 Mahbas Jin. Mereka tinggal di enam hotel berbeda. Aktivitas ibadah jamaah tampak di Hotel Arkan Bakkah 1 yang memiliki mushala dengan kapasitas 1.500 orang. Mereka tampak memenuhi mushala pada waktu-waktu sholat dengan menunaikan sholat wajib dan membaca Alquran.

Jamaah lain memilih sholat di Masjid Dawis Al Fahru yang terletak dekat dengan hotel. Masjid dengan bangunan tiga lantai ini dipenuhi ribuan jamaah yang hendak beribadah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini