Jamaah Haji Indonesia Mulai Berdatangan di Padang Arafah  

Kamis , 07 Jul 2022, 19:08 WIB Redaktur : Nashih Nashrullah
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jamaah di Hotel Kiswah Tower, Makkah, yang hendak berangkat menuju Arafah pada Kamis (7/7/2022).
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyapa jamaah di Hotel Kiswah Tower, Makkah, yang hendak berangkat menuju Arafah pada Kamis (7/7/2022).

IHRAM.CO.ID, MAKKAH— Jamaah haji Indonesia mulai tiba di Padang Arafah di timur Kota Makkah pada Kamis (7/7/2022) pagi waktu Arab Saudi untuk melaksanakan wukuf pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijriyah.

 

Terkait

Menurut Media Center Haji Kementerian Agama, jamaah dalam kelompok terbang 6 dari Embarkasi Lombok merupakan rombongan pertama dari Indonesia yang tiba di Arafah pada Kamis sekitar pukul 08.00 waktu Arab Saudi.

Baca Juga

Setelah turun dari bus yang membawa mereka dari area pemondokan di Kota Mekkah, jamaah memasuki tenda-tenda di Maktab 1 sambil melantunkan talbiyah.

"Alhamdulillah. Semua fasilitas sesuai harapan kami. Tidak ada kekurangan. Alhamdulillah. Ini Kenikmatan dari Allah SWT," kata Zaenal Muttaqien, anggota rombongan yang pertama tiba di Arafah.

Dalam setiap maktab ada delapan sampai sembilan tenda berukuran 10X25 meter yang dilengkapi dengan pasokan listrik, pendingin udara, kasur, dan bantal.

Setiap tenda di maktab disiapkan untuk234 orang.Toilet untuk laki-laki dan perempuan disediakan di setiap maktab. Jumlah toilet di setiap maktab sudah diperbanyak menjadi 38 unit dari sebelumnya 21 unit. Selain itu ada tambahan toilet portabel untuk mengurangi antrean pengguna, khususnya di toilet perempuan.

Kepala Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji Daerah Kerja Makkah, Mukhammad Khanif, sebelumnya menjelaskan bahwa jamaah Indonesia diberangkatkan dari Makkah ke Arafah dalam tiga trip atau tahapan pada Kamis, trip pertama dari pukul 07.00 sampai 10.00, trip kedua dari pukul 10.00 sampai 14.00, dan trip ketiga dari pukul 14.00 sampai 17.00 waktu Arab Saudi.

Di pemondokan di Kota Makkah, jamaah Indonesia sudah siap dengan perbekalan untuk menginap selama sekitar lima hari di Arafah, Muzdhalifah, dan Mina sebelum berangkat ke Arafah.

Anggota jamaah Indonesia, yang umumnya membawa koper kecil atau tas gendong berisi pakaian dan makanan kecil,menunggu bus yang akan membawa mereka ke Padang Arafah di lobi hotel tempat mereka menginap di Makkah.  

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini