Senin 11 Jul 2022 20:02 WIB

Populasi Penduduk Bumi Diprediksi Tembus 8 Miliar Tahun ini

India diprediksi bakal menggeser posisi Cina sebagai negara terpadat di dunia.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Agung Sasongko
Bumi
Foto: generalspecialist.com
Bumi

IHRAM.CO.ID,  WASHINGTON -- Populasi penduduk bumi diperkirakan akan menyentuh angka 8 miliar tahun ini. Hal tersebut diungkap dalam laporan Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, Senin (11/7/2022).

Menurut Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB, populasi dunia tumbuh pada laju paling lambat sejak 1950. Jumlah populasi seharusnya menyentuh 8,5 miliar orang pada 2030. Kemudian pada 2050, jumlahnya bertambah menjadi 9,7 miliar. Angkanya terus memuncak hingga 10,4 miliar orang pada 2080-an. Setelahnya, jumlah populasi akan stabil hingga 2100.

Baca Juga

Dalam laporan terbarunya, Departemen Urusan Ekonomi dan Sosial PBB juga menyebut India diprediksi bakal menggeser posisi Cina sebagai negara terpadat di dunia pada 2023. Sementara, menurut laporan itu, penurunan angka kelahiran di beberapa negara berkembang. Sementara lebih dari setengah perkiraan kenaikan populasi dunia dalam beberapa dekade mendatang akan terkonsentrasi di delapan negara, yakni Republik Demokratik Kongo, Mesir, Ethiopia, India, Nigeria, Pakistan, Filipina, dan Tanzania.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, masih akan bertumbuhnya populasi penduduk bumi merupakan pengingat tentang tanggung jawab semua pihak untuk merawat planet ini. “Ini momen untuk merenungkan di mana kita masih gagal memenuhi komitmen kita satu sama lain,” ucapnya, dikutip laman the Straits Times, Senin (11/7).

 

“Ini adalah kesempatan untuk merayakan keragaman kita, mengakui kemanusiaan kita bersama, dan mengagumi kemajuan dalam kesehatan yang telah memperpanjang rentang hidup dan secara dramatis mengurangi angka kematian ibu dan anak,” ujar Guterres menambahkan. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement