Rabu 13 Jul 2022 06:20 WIB

Kemenag Bantu Lembaga Hisab Rukyat Rp 500 Juta

Kemenag Bantu Lembaga Hisab Rukyat Rp 500 Juta

Rep: Fuji E Permana/ Red: Muhammad Hafil
Kemenag Bantu Lembaga Hisab Rukyat Rp 500 Juta. Foto ilustrasi:   Petugas mengamati posisi hilal menggunakan teropong saat pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Jerman, Kuta, Badung, Bali, Rabu (29/6/2022).
Foto: ANTARA/Fikri Yusuf
Kemenag Bantu Lembaga Hisab Rukyat Rp 500 Juta. Foto ilustrasi: Petugas mengamati posisi hilal menggunakan teropong saat pelaksanaan Rukyatul Hilal di Pantai Jerman, Kuta, Badung, Bali, Rabu (29/6/2022).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) memberikan bantuan operasional sebesar Rp 500 juta untuk 10 lembaga hisab rukyat dan lembaga konsultasi syariah. Hal ini disampaikan Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag, Adib.

"Kita memberikan bantuan kepada 10 lembaga hisab rukyat dan juga lembaga konsultasi syariah sebagai upaya meningkatkan kualitas layanan. Sebab, layanan hisab rukyat, termasuk layanan syariah sangat berkaitan erat dengan ibadah yang kita lakukan," kata Adib melalui pesan tertulis kepada Republika, Senin (11/7/2022).

Baca Juga

Adib menjelaskan, bantuan sebesar Rp 50 juta untuk masing-masing lembaga ini tidak hanya bertujuan meningkatkan layanan di bidang hisab rukyat dan syariah saja. Tetapi juga untuk upaya meningkatkan minat masyarakat terhadap ilmu falak.

"Sejak awal, minat masyarakat terhadap ilmu falak sangat minim. Melalui pemberian bantuan ini, kita berharap lembaga-lembaga tersebut ikut membantu kita memberikan edukasi kepada masyarakat melalui konten-konten kreatif terkait ilmu falak," ujarnya.

 

Ia mencontohkan, misalnya edukasi terkait perbedaan awal bulan Hijriyah. Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan edukasi supaya masyarakat bisa saling menghormati perbedaan yang terjadi.

"Hal-hal seperti ini kita di Kementerian Agama perlu bersinergi dengan lembaga-lembaga hisab rukyat untuk ikut mensosialisasikan, sehingga gaungnya lebih luas lagi. Ini tujuan dari bantuan yang kita berikan kepada 10 lembaga tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Kasubdit Hisab Rukyat dan Syariah Kemenag, Ismail Fahmi, mengatakan, bantuan ini merupakan stimulan bagi lembaga hisab rukyat dan lembaga konsultasi syariah untuk meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat.

"Bantuan ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan peralatan hisab rukyat, regenerasi ahli hisab rukyat, kemitraan dan mendukung kebijakan Kemenag dalam hal layanan hisab rukyat, serta dimanfaatkan untuk memenuhi kelengkapan lembaga," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement