Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Mulk

Jumat , 22 Jul 2022, 05:45 WIB Reporter :Alkhaledi Kurnialam / Redaktur : Agung Sasongko
Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran
Infografis Alasan Ada Surah yang Terputus dalam Alquran. Ilustrasi Alquran

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Membaca surat Al Mulk sangat dianjurkan bagi seorang Muslim karena berbagai keutamaannya. Keistimewaan yang juga dijelaskan oleh Rasulullah SAW terkait soal dengan 30 ayat ini.

 

Terkait

Adapun keutamaan Surat Al Mulk adalah:

Baca Juga

Mencegah dari siksa kubur

Dilansir dari Mawdoo3, keutamaan Al Mulk yang paling didamba seorang Muslim adalah terhindarkan dari siksa kubur. Rasulullah SAW bersabda:

عن عبدِ اللهِ بنِ مسعودٍ رضي الله عنه قال:

(من قرأ { تباركَ الذي بيدِه الملكُ } كلَّ ليلةٍ ؛ منعه اللهُ عز وجل بها من عذابِ القبرِ .

وكنا في عهدِ رسولِ اللهِ نسميها ( المانعةَ ) ،

وإنها في كتابِ اللهِ عز وجل سورةٌ، من قرأ بها في كلِّ ليلةٍ ، فقد أكثر وأطاب)

أكثر وأطيب : أي أكثر العمل الصالح وأتى بما هو طيب .

Artinya: Dari Sahabat Abdullah bin Mas’ud RA mengatakan:“Barangsiapa membaca “Tabarkalladi biyadihil mulk” (surat Al-Mulk) setiap malam, pasti Allah Azza wa Jalla menghindarkannya berkat surat tersebut dari adzab kubur, dan dahulu kami (para sahabat) pada masa Rasulullah SAW menamakannya “Al-Mani’ah”(pencegah/penghindar/penghalang). 

Sungguh surat tersebut ada dalam Kitab Allah Azza wa Jalla (Alquran), barangsiapa membacanya setiap malam, maka ia telah melakukan amal yang banyak lagi baik.”  (HR. An-Nasa’i dan ini redaksinya, juga Al-Hakim). 

Imbalan surga

Surga merupakan tempat kembali yang diidam-idamkan seorang hamba. Membaca surat Al Mulk dikatakan akan membuat orang yang membacanya diganjar dengan surga. 

Nabi bersabda:

إنَّ سورةً من كتابِ اللهِ ما هي إلا ثلاثون آيةً، شفَعتْ لرجلٍ فأخرجَتْه من النَّارِ، وأدخلَتْه الجنَّةَ

Artinya: "Sesungguhnya ada surat dari Kitab Allah (Al-Qur’an), tidaklah surat tersebut melainkan hanya berisi 30 ayat, surat tersebut memberikan syafa’at (pertolongan) kepada seseorang sehingga mengeluarkannya pada hari kiamat dari api neraka dan memasukkannya ke surga, yaitu, surat Tabarak (Al-Mulk)." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Menjaga sunnah Rasulullah SAW

Membaca surat ini juga berarti mendawamkan sunnah Nabi SAW yang tidak pernah ia tinggalkan. Rasulullah SAW bersabda:

أنَّ النَّبيَّ صلَّى اللَّهُ علَيهِ وسلَّمَ كانَ لا يَنامُ حتَّى يقرأَ (الم تنزيلُ) وَتَبَارَكَ الَّذِي بِيَدِهِ الْمُلْكُ

Artinya: "Tidaklah Nabi saw tidur hingga beliau membaca alif laam mim tanzil (surah as-Sajadah) dan tabaarakalladzi biyadihil mulk (surah al-Mulk)." (HR. Tirmidzi). 

Waktu terbaik membaca surat Al Mulk

Adapun waktu yang disarankan untuk membaca Surat Al Mulk adalah saat malam hari menjelang tidur. Tapi dibolehkan juga untuk membacanya pada pagi hari atau di waktu apapun karena pahalanya juga besar. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini