Selasa 26 Jul 2022 20:52 WIB

40 Masjid di Malawi Miliki Panel Tenaga Surya

Sebanyak 40 masjid di Zomba, Malawi, mendapatkan bantuan panel tenaga surya,

Rep: Andrian Saputra/ Red: Agung Sasongko
Panel Surya (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Panel Surya (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak 40 masjid di Zomba, Malawi, mendapatkan bantuan panel tenaga surya. Melalui bantuan ini diharapkan umat Islam dapat beribadah tanpa ada kendala listri. 

"Kami sangat jauh dari saluran listrik ESCOM dan inilah mengapa saya memutuskan untuk membawa listrik bertenaga surya ke masjid-masjid di daerah saya sehingga umat Muslim dapat menghadiri shalat magrib dan subuh tanpa kesulitan. Saya menggunakan uang saya sendiri bukan Dana Pembangunan Daerah," kata Anggota parlemen untuk distrik Zomba di Republik Malawi, Chingale Lonnie Phiri seperti dilansir Malawi24 pada Senin (25/7/2022).

Baca Juga

 

Phiri yang merupakan anggota Progresif Demokratik (DPP) mengatakan dia memutuskan untuk menghubungkan masjid-masjid dengan listrik bertenaga surya untuk memungkinkan umat Muslim sholat di malam hari dan pagi hari tanpa masalah listrik. Dia menilai bahwa listrik ESCOM tidak dapat diandalkan

Seorang tokoh ulama, Makalani Nankumba dari Masjid Mtembo memuji apa yang telah dilakukan Phiri karena telah membawa listrik ke masjid-masjid. Sheikh Nankumba mengatakan listrik akan sangat membantu umat Muslim untuk melakukan sholat magrib dan salat subuh.

Dia mengamati bahwa ini adalah pertama kalinya seorang anggota parlemen memberikan bantuannya kepada masjid. “Ini adalah pertama kalinya seorang anggota parlemen di daerah ini berpikir untuk menghubungkan masjid dengan listrik dan ini akan membantu untuk menyediakan penerangan yang cukup selama sholat malam dan sholat subuh bahkan selama salat puasa,” tambah Sheikh Nankumba.

Dia juga meminta anggota parlemen untuk mengebor lubang bor di dalam masjid dengan mengatakan air adalah elemen kunci untuk sholat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement