Kamis 28 Jul 2022 19:19 WIB

ICMI Ajak Komponen Bangsa Jaga NKRI

ICMI memiliki komitmen besar untuk terus mempertahankan NKRI.

ICMI ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
ICMI ilustrasi

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mengajak seluruh komponen bangsa menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) agar bisa menjadi negara yang besar, tangguh, dan disegani di dunia.

"Jadi ICMI punya identitas keislaman, keindonesiaan, dan kecendekiawanan Indonesia adalah rumah besar kita sehingga harus dirawat, dijaga toleransi, dankerukunannyakarena hal itu akan menjadi aset dan modal bagi bangsa ini agarmenjadi tangguh ke depan," kata Ketua ICMI Pusat Arif Satria, di Bandarlampung, Kamis (28/7/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan bahwa ICMI memiliki komitmen besar untuk terus mempertahankan NKRI dengan peran di dalam mengawal kehidupan berbangsa dan bernegara yang sehat.Oleh sebab itu, ICMI akan terus dan fokus terhadap peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan 5K, yakni kualitas iman, kualitas pikir, kualitas karya, kualitas kerja, dan kualitas hidup.

"Kami memiliki peran mengawal proses demokrasi agar benar-benar dapat menyejahterakan, bukan demokrasi yang menghancurkan," kata dia.

 

Bahkan, lanjut dia, ke depan ICMI akan melakukan sinergi dengan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) guna menjaga NKRI dari paham-paham radikal."Kami siap berkolaborasi dengan BNPT guna menjaga NKRI. Nanti ke depan terkait bagaimana menerapkan narasi yang positif terkaitmodernisasi agama yang baik sehingga keutuhan bangsa terjaga dan terbangun untuk Indonesia lebih baik," kata dia.

Ketua ICMI Orwil Lampung Periode 2017-2022 Yusuf Barusman mengatakan bahwa menghadapi dinamika global, maka para cendekiawan di negeri ini harus mempunyai pemahaman yang komprehensif.

"Semua pihak dan para cendekiawan dituntut untuk 'update' agar mereka mempunyai pemahaman yang baik, jangan sampai hanya mengambil satu sisinya saja sehingga menjadi radikal," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement