Jumat 05 Aug 2022 14:29 WIB

Sebanyak 62.721 Jamaah Haji Sudah Tiba di Tanah Air

Proses pemulangan berlangsung sejak 30 Juli 2022 dan akan berakhir pada 14 Agustus

Kloter Terakhir Dilepas ke Madinah, Seluruh Pelaksanaan Haji di Makkah Selesai
Foto: Dok MCH
Kloter Terakhir Dilepas ke Madinah, Seluruh Pelaksanaan Haji di Makkah Selesai

IHRAM.CO.ID,REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Operasional Penyelenggaraan Ibadah Haji Tahun 1443 H/2022 M telah memasuki hari ke-62. Proses pemulangan jamaah haji Indonesia dari Arab Saudi terus berlangsung dan lancar.

"Jamaah Haji Indonesia yang telah tiba di tanah air sebanyak 62.721 orang," kata Kepala Biro Humas, Data dan Informasi, Akhmad Fauzin, dalam keterangan yang diterima Republika, Jumat (5/8).

 

Menurutnya, ada sembilan kelompok terbang (kloter) yang pulang ke tujuh Debarkasi, Kamis (4/8) kemarin. Masing-masing satu kloter menuju Embakasi Batam/BTH (444 orang), Balikpapan/BPN (356 orang), Lombok/LOP (388 orang), Solo/SOC (356 orang), dan Ujungpandang/UPG (389 orang).

 

Selain itu, masing-masing dua kloter menuju Debarkasi Jakarta - Bekasi/JKS (812 orang) dan Surabaya/SUB (891 orang). Ia menyebut total jamaah yang tiba sebanyak 3.636 orang.

 

Terkait data janaah yang sakit, Fauzin menyampaikan saat ini masih ada 54 yang sedang dirawat. Sebanyak 20 orang dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi, dan 34 lainnya dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI).

 

"Sementara, data jamaah wafat bertambah satu orang atas nama Dedi Hamim Juad, laki-laki berusia 59 tahun, Nomor Paspor C61 01 894, kloter JKS 41, asal Embarkasi Jakarta Bekasi. Sehingga jumlah jamaah wafat sampai hari ini sebanyak 84 orang," ucapnya.

 

Di sisi lain, operasional Daerah Kerja (Daker) Makkah telah dinyatakan selesai. Kini layanan jamaah haji terfokus di Madinah, baik di hotel maupun layanan kepulangan melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA).

 

Adapun jamaah haji gelombang kedua akan tinggal di Madinah dalam rentang delapan atau sembilan hari. Mereka akan menjalani ibadah Arbain atau salat wajib berjamaah selama 40 waktu.

 

Selain itu, mereka juga akan berziarah ke makam Rasulullah dan Baqi. Mereka juga diberi kesempatan beribadah di Raudhah dengan fasilitas tasreh (surat izin) yang diurus petugas Daker Madinah. 

 

Secara bertahap, jamaah haji gelombang kedua yang sudah menyelesaikan ibadahnya di Madinah dipulangkan ke Tanah Air. Proses pemulangan berlangsung sejak 30 Juli 2022 dan akan berakhir pada 14 Agustus mendatang.

 

Jika semua jamaah haji sudah dinyatakan kembali ke Tanah Air, maka berakhir juga operasional layanan haji Indonesia di Daker Madinah dan Daker Bandara.   

 

 

Advertisement
Berita Lainnya