Sensasi Berbuka Puasa Asyura di Masjid Nabawi

Selasa , 09 Aug 2022, 12:15 WIB Reporter :Achmad Syalaby Ichsan / Jurnalis : Fian Firatmaja
Di Masjid Nabawi, Madinah Al Munawarah, Muslim dari berbagai negara berbuka puasa pada hari Asyura yang jatuh pada Senin, 8 Agustus. Di Masjid Rasulullah itu, ajang buka puasa sunah yang kerap terselenggara pada setiap Senin dan Kamis menjadi lebih semarak.
Foto : Republika/Achmad Syalaby Ichsan

IHRAM.CO.ID, MADINAH — Hari Asyura yang jatuh setiap tanggal 10 Muharam kerap menjadi momentum umat Islam untuk menjalankan ibadah puasa sunah. Dalam sejumlah riwayat, puasa yang kerap dijalankan bergandengan dengan puasa tanggal 9 dan 11 Muharam ini memiliki keutamaan berupa diampuninya dosa setahun sebelumnya. 

 

Terkait

Di Masjid Nabawi, Madinah Al Munawarah, Muslim dari berbagai negara berbuka puasa pada hari Asyura yang jatuh pada Senin, 8 Agustus. Di Masjid Rasulullah itu, ajang buka puasa sunah yang kerap terselenggara pada setiap Senin dan Kamis menjadi lebih semarak. Barisan jamaah tampak berjejer hingga ke pintu paling belakang. 

Saat berbuka tiba, mereka pun memakan makanan yang dibagikan pihak masjid dan para dermawan. Sebagian diantaranya memakan bekal yang dibawa dari hotel masing-masing. Menunya memang sekadar makanan pembuka. Jamaah hanya diberi waktu lima menit setelah azan. Setelah itu, makanan harus dibereskan.

 

 

 

 

Videografer | Achmad Syalaby Ichsan

Video Editor | Fian Firatmaja

 

BERITA LAINNYA