PBNU Gelar Halaqah Fikih Peradaban di 250 Daerah

Kamis , 11 Aug 2022, 21:00 WIB Redaktur : Agung Sasongko
Ulil Abshar Abdalla
Ulil Abshar Abdalla

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) akan menggelar Halaqah Fikih Peradaban,pertemuan yang melibatkan para kiai dan nyai serta pengurus maupun intelektual Nahdliyin, di250 daerah mulai Agustus hingga Januari 2023.

 

Terkait

Ketua Pelaksana Halaqah Fikih Peradaban PBNU, Ulil Abshar Abdalla, mengatakan di Yogyakarta halaqahtersebut dimulai di Madrasah Aliyah Ali Maksum, Pondok Pesantren Krapyak,dengan tema "Fikih Siyasah NU dan Realitas Peradaban Baru".

Baca Juga

"Halaqah di Yogyakarta ini merupakan pembukaan untuk 250 halaqah yang akan diselenggarakan selama sekitar 5,5 bulan ke depan, dari Agustus sampai Januari 2023,"kata Ulildalam pernyataan pers di Yogyakarta, Kamis.

Dia menjelaskan halaqah di 250 daerah itu merupakan bagian dari kontribusi NU untuk Indonesia dan untuk dunialebih beradab. Rangkaian halaqahtersebutjuga merupakan bagian dari peringatan satu abad NU menurut kalender Hijriah, yang puncak peringatannya digelar pada Februari 2023.

Sebanyak 250 halaqahyang digelar di pesantren-pesantren itu rencananya akan digelar di Jawa Timur (75 halaqah);Yogyakarta dan Jawa Tengah (75 halaqah); Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten (50 halaqah); dan di luar Pulau Jawa (50 halaqah).

"Lebih dari 12.500 kiai dan ibu nyai akan terlibat dalam Seri Halaqah Fikih Peradaban, yang bertujuan untuk memulai kembali diskusi dan perbincangan mengenai Fikih Siyasah, sebagai warisan intelektual yang tertuang dalam kitab-kitab klasik," jelasnya.