Disebut dalam Alquran, Apa Saja Manfaat Buah Delima?

Ahad , 14 Aug 2022, 05:35 WIB Reporter :Rizkyan Adiyudha/ Redaktur : Ani Nursalikah
Buah delima di pohon. Disebut dalam Alquran, Apa Saja Manfaat Buah Delima?
Buah delima di pohon. Disebut dalam Alquran, Apa Saja Manfaat Buah Delima?

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Alquran beberapa kali menyinggung khasiat buah delima, seperti yang tertuang dalam surat Al-Anaam ayat 99 dan 141 serta surat Ar-Rahman ayat 68-69.

 

Terkait

Sebuah penelitian mendapati khasiat buah delima dalam menghambat penuaan. Seperti dilansir About Islam, Sabtu (13/8/2022), ilmuwan mendapati sebuah molekul dalam buah delima yang diubah oleh mikroba dalam usus sehingga memungkinkan sel-sel otot melindungi diri mereka sendiri dari salah satu penyebab utama penuaan.

Baca Juga

Penulis studi, Patrick Aebischer menjelaskan sel-sel manusia semakin berjuang untuk beregenerasi seiring bertambahnya usia. Peristiwa ini disebut mitokondria yang seiring berjalannya waktu menumpuk di dalam sel.

Dia melanjutkan, degradasi ini mempengaruhi kesehatan banyak jaringan, termasuk otot, yang secara bertahap melemah selama bertahun-tahun. Penumpukan mitokondria yang disfungsional juga diduga berperan dalam penyakit penuaan lainnya seperti Parkinson.

Ilmuwan kemudian mengidentifikasi sebuah molekul berhasil beregenerasi secara mandiri untuk mendaur ulang komponen mitokondria yang rusak alias urolithin A. Ini adalah satu-satunya molekul yang diketahui dapat meluncurkan kembali proses pembersihan mitokondria atau dikenal sebagai mitofag

"Ini adalah zat yang sepenuhnya alami, dan efeknya sangat kuat dan terukur," Patrick Aebischer. 

photo

Infografis Ayat Alquran Membahas Buah Delima - (Republika)