Rabu 17 Aug 2022 21:44 WIB

Perdana, Pondok Pesantren Ngruki Upacara HUT RI

Abu Bakar Ba'asyir hadiri upacara di Pondok Pesantren Ngruki.

Rep: C02/ Red: Muhammad Hafil
Pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Ba'asyir hadiri upacara HUT RI ke - 77.
Foto: ANTARA/Maulana Surya
Pendiri Pondok Pesantren Islam Al Mukmin Ngruki Abu Bakar Ba'asyir hadiri upacara HUT RI ke - 77.

IHRAM.CO.ID,SUKOHARJO– Pondok pesantren Al Mukmin Ngruki menggelar upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di halaman depan, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (17/8/2022) pukul 07.00 WIB. Upacara tersebut menjadi yang pertama dalam sejak pondok pesantren itu berdiri.

Dalam upacara tersebut turut hadir pendiri pondok Ngruki, Abu Bakar Ba'asyir serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sebagai Pemimpin jalannya upacara. 

Baca Juga

Muhadjir selaku pemimpin upacra menyampaikan pidatonya bahwa dalam rangka memperingati upacara hari kemerdekaan Republik Indonesia yang dilaksanakan di pondok pesantren Al Mukmin Sukoharjo. Selain itu, juga untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan bangsa Indonesia yang hari ini genap berusia 77 tahun.

"Karena kemerdekaan inilah bangsa Indonesia tetap terpegang pada tali kesatuan dan persatuan untuk meraih cita-cita luhur menuju masyarakat adil makmur Datun di bawah naungan Pancasila," ungkapnya.

 

Muhadjir juga mengatakan upacra sebagai rasa syukur ini akan memberikan optimisme bagi bangsa. Selain itu juga diperlukan ikhtiar membangun bangsa.

"Seiring dengan itu, kita terus berupaya pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat Kita harus bergerak cepat dan kembali berproduksi dalam berkarya nyata untuk memajukan bangsa Indonesia," jelasnya.

Menurut Muhadjir kemerdekaan ini diraih oleh bangsa Indonesia atas berkat rahmat Allah yang Maha Kuasa. Oleh karena itu, diperlukan peran masyarakat di setiap posisinya untuk menjaganya.

"Karena itu kita wajib menjaga dan mengisinya sesuai dengan bidang tugas dan posisi kita di dalam masyarakat," katanya.

Kemudian, ia mengatakan bahwa dalam rangka mengisi momen kemerdekan diperlukan bergaul antar sesama. Hal tersebut perlu untuk bertukar pandangan berinteraksi bersama anak bangsa lainnya secara seluas-luasnya.

"Karena Indonesia ini wilayahnya sangat luas terhampar seperti luasnya dari Istanbul yang ada di Turki sampai London di Inggris. Sementara pulaunya ada 17.000 Pulau penduduknya sekarang ini 276 juta orang," ungkapnya.

Oleh karena itu Muhadjir berpesan agar banyak menjalin silaturahmi. Pasalnya, hal tersebut Semakin banyak kita menjalin silaturahmi Semakin banyak kita berhubungan satu sama lain kita akan semakin menyadari Betapa berdinekanya bangsa Indonesia ini

"Memandang penuh hikmah atas keragaman yang kaya yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. itu adalah merupakan rahmat dari Allah subhanahu wa ta'ala sikap lapang dada," pungkasnya 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement