Dua Petinju Wanita Bertanding di Tanah Arab Saudi untuk Pertama Kali

Kamis , 18 Aug 2022, 20:13 WIB Reporter :mgrol135/ Redaktur : Ani Nursalikah
Petinju wanita Inggris-Somalia Ramla Ali. Dua Petinju Wanita Bertanding di Tanah Arab Saudi untuk Pertama Kali
Petinju wanita Inggris-Somalia Ramla Ali. Dua Petinju Wanita Bertanding di Tanah Arab Saudi untuk Pertama Kali

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Dua petinju wanita pertama yang berkompetisi di tanah Arab Saudi ingin menginspirasi gadis-gadis muda di seluruh dunia. Petinju Inggris-Somalia Ramla Ali akan berhadapan dengan Crystal Garcia Nova dari Republik Dominika di acara tinju Rage on the Red Sea di Jeddah pada Sabtu (21/8/2022).

 

Terkait

“Ini suatu kehormatan besar. Saya dan lawan saya akan menginspirasi banyak gadis muda dan banyak wanita, tidak hanya di negara ini, tetapi di seluruh dunia," kata Ali di sela-sela konferensi pers.

Baca Juga

Dilansir Al Arabiya, Rabu (17/8/2022), melalui seorang penerjemah, Nova mengatakan dia diberkati berada di Arab Saudi dan memiliki kesempatan mengambil bagian dalam pertandingan tinju wanita pertama di Arab Saudi.

“Ini adalah pesan untuk semua wanita muda bahwa tinju tidak hanya untuk pria, tinju juga untuk wanita. Dan aku bisa pergi jauh. Dan jika saya bisa melangkah jauh, semua orang, semua wanita di dunia bisa belajar tinju dan bisa melangkah jauh dan naik dalam permainan ini,” katanya.

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

A post shared by Ramla Ali #BlackLivesMatter (@ramlaali)

Pihak berwenang di Kerajaan secara tradisional membatasi partisipasi perempuan dalam olahraga. Namun, beberapa tahun terakhir telah melihat kemajuan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam hak-hak perempuan, baik dalam olahraga maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Rencana Visi 2030 Putra Mahkota Mohammed bin Salman mendorong pengembangan olahraga di Arab Saudi, memungkinkan pendidikan jasmani diajarkan kepada anak perempuan di sekolah untuk pertama kalinya. Gelar-gelar besar termasuk Grand Prix Formula Satu, pacuan kuda Piala Saudi, dan acara gulat profesional WWE adalah di antara banyak yang telah diadakan di Kerajaan dalam beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini