Sabtu 27 Aug 2022 12:03 WIB

Masyarakat Jeddah Menikmati Festival Makanan Laut

Festival makanan laut menampilkan berbagai produk makanan laut degan cita rasa Saudi.

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah
Jalan tepi Laut Merah (corniche) di Jeddah, Arab Saudi. Masyarakat Jeddah Menikmati Festival Makanan Laut
Foto: Arab News
Jalan tepi Laut Merah (corniche) di Jeddah, Arab Saudi. Masyarakat Jeddah Menikmati Festival Makanan Laut

IHRAM.CO.ID, JEDDAH -- Festival makanan laut empat hari di Jeddah telah menjadi perbincangan masyarakat yang mengunjungi ROSHN Waterfront untuk mencicipi berbagai hidangan laut yang lezat, mulai dari makanan pembuka dan sup hingga hidangan utama.

 

Baca Juga

Beberapa restoran dan pemilik truk makanan telah berpartisipasi dalam festival yang diselenggarakan oleh Komisi Seni Kuliner Saudi dan diadakan antara 23-26 Agustus.

 

Festival ini bertujuan mengembalikan cita rasa makanan laut dengan menampilkan berbagai macam produk. Ini juga menyediakan platform bagi penjual ikan lokal dan pemilik restoran untuk memanfaatkan dukungan komunitas yang berkembang.

 

Dilansir Arab News, Kamis (25/8/2022), CEO Komisi Seni Kuliner Mayada Badr, mengatakan ini adalah festival pertama untuk mendidik orang Saudi dan non-Saudi tentang budaya makanan laut. Hal ini juga membantu mereka memahami produk dan teknik penangkapan ikan yang digunakan nelayan saat menangkap ikan.

 

“Dengan tujuan untuk mempromosikan warisan makanan laut, kami mengumpulkan berbagai penjual makanan laut yang menjual udang, cumi, dan berbagai jenis ikan yang baru ditangkap dari Laut Merah,” tambahnya.

Badr mengatakan ini baru permulaan karena penyelenggara berencana untuk membangun kesadaran tentang makanan laut melalui festival. Azim Ghurab, pemilik warung ikan Damdam, mengatakan di warungnya, ia menawarkan menu yang luas yang berfokus pada menyiapkan makanan laut segar pilihan pengunjung.

Ia menyediakan tangkapan segar yang digoreng dengan resep bumbu buatan sendiri dan disajikan dengan saus bahan yang berbeda. Para tamu bisa menikmati untuk take away atau makan di tempat.

 

“Kami berterima kasih kepada Kementerian Kebudayaan dan Komisi Seni Kuliner yang telah menyediakan platform ini kepada kami,” katanya.

 

Selain para pengelola warung makan yang menampilkan live cooking, para peserta antara lain pedagang ikan dan penjual bumbu seafood yang tertarik untuk berbagi ilmu, selain menjual produknya kepada pengunjung dan menjalin silaturahmi dengan pelaku industri restoran untuk kerjasama bisnis. Mereka menganggap festival ini sebagai peluang untuk mengembangkan strategi bisnis.

 

Selain itu, festival ini menghadirkan atraksi untuk seluruh keluarga, dengan hari hiburan langsung, makanan, dan demonstrasi. Zona khusus anak-anak diselenggarakan serta bagian untuk seni dan kerajinan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement