Senin 29 Aug 2022 21:55 WIB

Ribuan Penyuluh Lintas Agama Ikuti Kemah Moderasi Beragama

Sikap moderat dalam keseharian, berbangsa, dan beragama merupakan langkah yang tepat

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Gedung Kemenag
Foto: dok. Republika
Gedung Kemenag

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama (Kemenag) Melalui Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Islam menyampaikan, ribuan penyuluh lintas agama mengikuti acara Kemah Moderasi Beragama. Mereka adalah perwakilan dari penyuluh agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, dan Konghucu, serta perwakilan ormas Islam dan lembaga keagamaan.

Kemah Moderasi Beragama yang berlangsung di Ubaya Training Center (UTC), Trawas, Mojokerto. Acara dibuka Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin pada Senin (29/8/2022).

"Moderasi beragama yang kita gaungkan dalam Kemah Moderasi Beragama ini bukan hanya seremonial simbolistik, tetapi secara fundamental harus kita tindaklanjuti dan laksanakan," kata Kamaruddin melalui pesan tertulis kepada Republika, Senin (29/8/2022).

Kamaruddin mengatakan, sikap moderat dalam keseharian, berbangsa, dan beragama merupakan langkah yang tepat di tengah keragaman bangsa Indonesia. Sikap moderat juga menjadi sarana efektif dalam menjaga akidah dan agama masing-masing penganutnya.

"Mari jaga akidah, agama, dan keindonesiaan supaya kita semua menjadi warga negara yang baik sehingga cita-cita pembangunan dan kemerdekaan dapat tercapai," ujar Guru Besar Ilmu Hadis UIN Alauddin Makassar ini.

Hadir dalam pembukaan Kemah Moderasi Beragama, Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag Syamsul Bahri, Kakanwil Kemenag Jawa Timur Husnul Marom, dan Kakanwil Kemenag Jateng Musta'in Ahmad. Hadir juga Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, perwakilan Kakanwil Kemenag 34 provinsi, dan Kakankemenag serta Kasi Bimas se-Provinsi Jawa Timur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement