Rabu 07 Sep 2022 17:17 WIB

Menelusuri Jejak Pembuat Kacamata

Kacamata, salah satu benda penting yang pernah diciptakan manusia.

Level, kacamata. Ilustrasi
Foto: Engadget
Level, kacamata. Ilustrasi

IHRAM.CO.ID,  Adalah kacamata, salah satu benda penting yang pernah diciptakan manusia. Kehadiran benda berlensa ini telah membantu jutaan orang di dunia melihat dengan jelas meski sesungguhnya ada masalah pada mata mereka.

Meski kacamata telah hadir sangat lama dalam peradaban manusia, perdebatan tentang siapa, di mana, dan kapan benda tersebut pertama kali diciptakan masih kerap terjadi. Butuh penelitian dan data komprehensif untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu.

Baca Juga

Lutfallah Gari, peneliti sejarah sains dan teknologi asal Arab Saudi, mencoba menelusuri sejarah penemuan alat bantu penglihatan tersebut. Untuk itu, ia melakukan serangkaian riset, survei, serta studi pustaka. Hasil penelitiannya diterbitkan dalam tulisan bertajuk "The Invention of Spectacles between the East and the West".

Pada awal penelitiannya, Lutfallah mempertanyakan apakah benar kacamata merupakan benda yang ditemukan dan diciptakan bangsa Barat. Atau sebaliknya, justru masyarakat Muslim yang pertama kali menciptakannya.

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement