Kastil Marid di Dumat Al Jandal, Berasal dari Abad Pertama dan Kedua

Senin , 19 Sep 2022, 12:37 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Kastil Marid di Dumat Al Jandal
Kastil Marid di Dumat Al Jandal

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Terletak di kota tua Dumat Al-Jandal, Kastil Marid kuno, berada 620 meter di atas permukaan laut. Kastil tersebut menghadap ke kota barat laut Saudi.

 

Terkait

Baca Juga

Bangunan ini merupakan salah satu situs arkeologi dan sejarah paling menonjol di provinsi Jouf, yang telah menyaksikan ledakan pariwisata.

Kastil Marid pertama kali disebutkan pada abad ketiga, ketika Ratu Palmyra Zenobia menyerbu Dumat Al-Jandal dan Tayma. Tetapi pasukannya disebut tidak dapat merebut benteng tersebut.

"Marid telah memberontak dan Ablaq telah memuliakan," ujar dia mengacu pada benteng dan ketabahan kastil, dilansir di Arab News, Senin (19/9/2022).

Terkenal dengan menara kerucutnya, kastil ini terdiri dari bangunan dengan gaya arsitektur yang berbeda mulai dari periode Nabatean, hingga pasca-kemunculan Islam, hingga konstruksi terbaru 80 tahun yang lalu.

Bangunan utama kastil terdiri dari lantai bawah yang terbuat dari batu dan lantai atas yang terbuat dari lumpur. Ada dua sumur, ruangan untuk penjaga, tempat pemotretan dan tempat observasi.

Kastil ini dikelilingi oleh tembok yang menggabungkan bukaan strategis dan pintu masuk ke selatan dan utara.

Artefak arkeologi yang ditemukan di dalam kastil selama penggalian pada tahun 1976 termasuk tembikar Nabataean dan Romawi yang berasal dari abad pertama dan kedua.  

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2164961/saudi-arabia

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini