Sampah-Sampah di Jalur Pendakian Asfan Jeddah Dibersihkan

Selasa , 27 Sep 2022, 17:57 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Nashih Nashrullah
Ilustrasi pegunungan Arab Saudi. Pembersihan sampah di Asfan Jeddah merupakan inisiatif para relawan
Ilustrasi pegunungan Arab Saudi. Pembersihan sampah di Asfan Jeddah merupakan inisiatif para relawan

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Relawan dari kelompok pariwisata lokal baru-baru ini membersihkan tumpukan sampah dari jalur pendakian di Asfan, di utara Jeddah. 

 

Terkait

Pembersihan sampah-sampah tersebut sebagai bagian dari komitmen tanggung jawab sosial mereka, dan untuk memastikan lingkungan yang kembali bersih bagi pecinta alam luar. 

Baca Juga

Asfan adalah kota kecil yang dikelilingi jalur pendakian yang melintasi medannya yang unik dan formasi batuan yang mencolok, menjadikannya tujuan favorit bagi orang-orang yang tinggal di Jeddah. 

Pembersihan dilakukan Earth Trails, sebuah perusahaan yang dilisensikan Kementerian Pariwisata Arab Saudi, yang berspesialisasi dalam tur hiking dan perjalanan keliling Kerajaan. 

“Jalur alam di Arab Saudi perlu lebih diperhatikan semua pecinta alam dan publik. Inisiatif ini diharapkan akan menginspirasi orang untuk menjaga ruang alam negara tetap bersih,” kata Manajer Umum Earth Trails, Dr Shadi Badawood, dilansir dari Arab News, Selasa (27/9/2022). 

Anggota Earth Trails mengumpulkan lebih dari 4.000 botol plastik, lebih dari 1.000 kaleng aluminium, dan sejumlah besar pecahan kaca. Badawood mengatakan plastik membutuhkan 450 tahun untuk terurai, aluminium 80 tahun, dan kaca satu juta tahun. 

“Ini adalah bagian dari tanggung jawab kami untuk mengambil inisiatif untuk membersihkan jalur ini, dan mendorong orang lain untuk mengikuti langkah kami,” kata Badawood.  

“Banyak orang tidak menyadari betapa mereka telah merusak lingkungan dengan membuang sampah sembarangan,” tambahnya.

Sekitar 25 relawan berpartisipasi dalam inisiatif tersebut. Badawood mengatakan dia senang dengan jumlah peserta dan berharap acara berikutnya akan menarik lebih banyak peserta. 

“Kami memiliki sejumlah anggota sukarelawan yang sangat mencintai alam dan kami mengagumi tindakan mereka (untuk) menjaga lingkungan, dan kami mendorong mereka untuk mempelajari cara-cara baru untuk mempertahankan ekosistem di sekitar kita,” kata koordinator sukarelawan di Jejak Bumi, Sarah Fida. 

Seorang sukarelawan Muath Al-Ahmadi, mengatakan sebagai seorang pecinta alam, dia percaya bahwa salah satu poin terpenting tentang inisiatif pembersihan adalah kesadaran. 

Dengan bersama-sama berpartisipasi dalam program pembersihan dengan kelompok hiking merupakan langkah besar menuju kehidupan yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

“Melihat banyaknya sampah di jalan seharusnya membuat orang memikirkan kembali konsumsi mereka,” terangnya. 

Relawan lain, Yousef Albouq, mengaku bersemangat membersihkan area pendakian dari sampah-sampah tersebut. Dia berharap acara ini dapat berkontribusi untuk menciptakan lingkungan pendakian yang bebas dari sampah. 

“Saya berharap inisiatif Earth Trails seperti itu akan meningkatkan kesadaran orang untuk membuang sampah di tempat yang tepat,” tegasnya. 

Dia mengatakan mereka yang rela menyumbangkan waktu mereka menunjukkan betapa berkomitmennya mereka untuk melindungi lingkungan yang lebih sehat.

 

Sumber: arabnews

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini