Jumat 30 Sep 2022 16:00 WIB

MUI Sulsel Ajak Mubaligh Gencarkan Dakwah Digital

Umat manusia tengah berada di era informasi digital,

Dakwah digital (ilustrasi).
Foto: Republika/Yasin Habibi
Dakwah digital (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Sulsel Asnawin Aminuddin mengajak para mubalig di Sulawesi Selatan menggencarkan aktivitas dakwah dengan memanfaatkan komunikasi digital.

Menurutnya, umat manusia tengah berada di era informasi digital, era internet, era media sosial, maka dakwah dinilai harus pula memanfaatkan perkembangan informasi tersebut, salah satunya melalui media sosial.

Baca Juga

"Para da?i, para mubalig harus paham dunia internet, dunia medsos, dan harus masuk berdakwah di sana melalui dakwah digital,? kata Asnawin melalui keterangannya di Makassar, Jumat (30/9/2022).

Asnawin mengatakan, pengguna internet di Indonesia rata-rata menggunakan internet sekitar delapan jam per hari, dan pengguna media sosial rata-rata menghabiskan waktu 3 jam, 26 menit setiap hari.

Data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) per Januari 2022, total populasi (jumlah penduduk) Indonesia lebih dari 275 juta. Dari jumlah tersebut, sebanyak kurang lebih 210 juta orang (77 persen) sudah aktif menggunakan internet.

Dari 210 juta orang pengguna internet tersebut, sebanyak 191 juta orang aktif di media sosial seperti Facebook, WhatsApp (WA), Instagram, Telegram, dan lain-lain.

?Sudah saatnya dakwah dengan media sosial, dakwah di medsos, digarap dengan serius dan konsisten oleh kalangan pendakwah,? kata Asnawin yang juga Wakil Ketua Majelis Pustaka dan Informasi Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulsel.

Dibandingkan dengan dakwah konvensional, lanjutnya, ada beberapa kelebihan berdakwah dengan menggunakan media sosial, antara lain jangkauan jamaah yang lebih luas, serta bisa dinikmati kapan pun dan dimana pun.

"Jika tidak, maka dakwah Islam akan dilakukan oleh mereka yang tidak memahami Islam yang sesungguhnya, karena bisa jadi dakwah Islam akan dilakukan oleh mereka yang bukan ahlinya. Bisa jadi dakwah melalui media sosial akan dilakukan oleh mereka yang belum memahami Islam secara kaffah," ujar Asnawin.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam berdakwah di media sosial, antara lain konten harus bermanfaat dan menunjukkan Islam yang damai, konten harus berisi sesuatu yang menarik, serta dakwah perlu dilakukan dengan responsif atau menyesuaikan dengan tren.

"Dakwah juga sebaiknya menyesuaikan dengan tren atau hal-hal terbaru yang digandrungi masyarakat dan sedang jadi pembicaraan, serta dilakukan dengan responsif atau memancing umpan balik dari masyarakat," kata Asnawin

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement