Tiga yang Berbeda dari ISEF 2022

Jumat , 07 Oct 2022, 00:40 WIB Reporter :Lida Puspaningtyas/ Redaktur : Agung Sasongko
Wakil Presiden Ma
Wakil Presiden Ma

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022 yang merupakan gelaran tahunan ekonomi dan keuangan syariah terbesar di Indonesia kesembilan kalinya pada tahun ini, resmi dibuka, Kamis (6/10). Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo mengatakan ISEF tahun ini kembali jadi wadah berjamaah seluruh mitra dan stakeholder dalam mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

 

Terkait

"Tahun ini kita siapkan tiga hal yang beda dan spesial sebagai wujud komitmen kita menjadikan Indonesia pusat ekonomi syariah global," katanya dalam Opening Ceremony ISEF 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis (6/10).

Baca Juga

Perry mengatakan, tiga kegiatan khusus tahun ini merupakan respons dari arahan Wakil Presiden, Maruf Amin untuk berperan sebagai hamzah washal atau penghubung langsung bagi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Tiga program tersebut adalah IN2MOTION, gerakan akselerasi sertifikasi halal, dan penguatan ekonosistem Global Halal Hub.

Perry mengatakan, IN2MOTIONFEST akan menjadi pusat modest fashion terbesar di dunia. Sebanyak 163 desainer terlibat dalam 17 kegiatan dan menghadirkan 1.256 karya-karya modest fashion.

"Jika kita lakukan ini berturut-turut, maka ini akan jadi the biggest modest fashion event di dunia," kata Perry.

Hamzah washal kedua yakni pencanangan gerakan nasional sertifikasi halal. BI telah menggelar rapat koordinasi tingkat tinggi untuk mempertemukan seluruh regulator dan pihak terkait untuk akselerasi sertifikasi halal, mulai dari BPJPH, LPH, organisasi masyarakat, dan lain-lain.

Ketiga, penguatan ekosistem Global Halal Hub. Ini merupakan wadah sinergi untuk mempercepat pengembangan produk halal lokal berorientasi ekspor.

Ini sesuai dengan arahan wapres agar nusantara jadi pusat hortikultura dan rempah di dunia sebagai produsen halal food. Wapres berpesan agar menghidupkan kembali jalur rempah.

"Kami sudah laksanakan high level meeting juga dengan berbagai pihak dan sepakat penguatannya termasuk penguatan roadmap Global Halal Hub, memperkuat peran agregator dalam penguatan UMKM produk halal," katanya.

ISEF 2022 digelar mulai 5-9 Oktober 2022 di Jakarta Convention Center oleh Bank Indonesia bermitra dengan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah. Didukung oleh sejumlah institusi internasional, mulai dari Islamic Financial Services Board, Islamic Development Bank, International Islamic Financial Market, Saudi Central Bank, World Zakat Forum, SESRIC, hingga Awqaf Properties Investment Fund.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini