Sabtu 08 Oct 2022 09:52 WIB

Menelusuri Peninggalan Neolitik di Jubbah

Jubbah merupakan sebuah kota di kawasan Ha'il, Arab Saudi.

Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi
Foto: Arab News
Artefak Ukiran Batu di Jubbah Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, Jubbah merupakan sebuah kota di kawasan Ha'il, Arab Saudi. Tepat nya 90 kilometer di barat laut Kota Ha'il. Jubbah terletak di jalan uta ma karavan yang menghubungkan Najd dengan Mediterania Timur. Walaupun sepenuhnya dikelilingi hamparan padang pasir Nafud yang luas, Jubbah kaya dengan hasil pertanian dan air bersih. Populasi Jubbah berjumlah sekitar 20 ribu orang.

Lokasi tempat Jubbah berada saat ini da hulunya adalah sebuah danau kuno berukuran 20 kilometer kali empat kilometer yang akhir nya mengering dan terisi pasir dari area utara, timur, dan selatan. Bagian danau tua berada di bawah Jabal Umm Sanman di sisi barat.

Baca Juga

Bukit itu menahan pasir bawaan angin dari barat dan membuat area itu sedikit lebih lembap. Permukiman manusia di era pertengahan paleolitik ditemukan di sekitar bekas danau tua. Artefak-artefak batu yang ditemukan di situs tersebut memicu perdebatan tentang kapan dan bagaimana migrasi manusia di sana terjadi terutama di era akhir pleistosen.

Di Jabal Umm Sanman yang kini telah masuk dalam daftar situs warisan dunia UNESCO ditemukan aneka pahatan dan lukisan serupa manusia yang memakai aksesori di kepala. Ada pula lukisan hewan-hewan seperti burung, monyet, gazel (sejenis antelop kecil), dan dua hewan yang menarik dokar.

 

Ada dua tempat yang diketahui menjadi situs peninggalan era neolotikum di Arab Saudi, yakni Jubbah dan Shuwaymis. Di antara keduanya, Jubbah merupakan yang paling terkenal. Dengan kemajuan teknologi hidrologi, Jubbah kini menjadi kota maju, meski berada di tengah padang pasir Nafud.

 

sumber : Republika
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement