5 Tips Sehat Agar Tetap Disiplin Menjaga Pola Makan

Selasa , 11 Oct 2022, 12:32 WIB Reporter :Haura Hafizhah/ Redaktur : Ani Nursalikah
Salad sayur dan buah (ilustrasi). 5 Tips Sehat Agar Tetap Disiplin Menjaga Pola Makan
Salad sayur dan buah (ilustrasi). 5 Tips Sehat Agar Tetap Disiplin Menjaga Pola Makan

IHRAM.CO.ID, JAKARTA-- Gaya hidup sehat tidak hanya mencakup sesi latihan fisik, diet yang diperhitungkan juga merupakan bagian integral darinya. Tetapi menjaga pola makan yang sehat bukanlah tugas yang mudah. Makanan tidak sehat, hari 'curang' (cheat day) dan mengidam makanan adalah beberapa faktor yang dapat membuat Anda teralihkan dari tujuan.

 

Terkait

Dilansir dari News 18, Selasa (11/10/2022), mengikuti pola makan yang sehat membutuhkan disiplin yang cukup untuk membantu Anda mengikutinya.

Baca Juga

Berikut lima tips sehat yang efektif membantu menjaga pola makan.

1. Bawa Camilan Sehat

Menghindari makan penuh selama waktu camilan dapat dengan mudah dilakukan ketika Anda membawa camilan sehat Anda sendiri. Jadi, ketika teman Anda sedang makan makanan berat, Anda bisa menjaganya tetap sehat dengan menikmati snack yang dibawa.

Membawa camilan juga akan menjauhkan Anda dari makan besar tanpa merasa kekurangan. Mengontrol diri sendiri bisa jadi sulit pada saat-saat seperti itu, tetapi disiplin tentang diet Anda hanya akan memberikan keajaiban bagi Anda.

2. Jujur

Mengatakan Anda sedang diet saja tidak cukup. Mungkin Anda mencoba menurunkan berat badan atau makan bersih. Tetap jujur ​​​​dengan diet seseorang sangat diperlukan dan juga sehat. Jadi, lain kali ketika Anda tergoda untuk hanya memakan beberapa kentang goreng atau makan burger, Anda harus menahan diri tidak menyerah pada dorongan yang tidak sehat.

3. Pantau Konsumsi Kopi

Kopi tidak sepenuhnya tidak sehat. Minum dua cangkir kopi hitam sehari untuk mengekang nafsu makan Anda secara alami. Sebanyak 250 mg kafein juga bagus untuk jantung Anda dan sarat dengan antioksidan.

4. Ubah Menu Makanan di Restoran

Mengidam makanan terkadang menjadi sulit untuk ditolak. Pada saat seperti ini, memodifikasi makanan di restoran bisa membantu. Memesan sayuran ekstra atau mengurangi jumlah minyak dan mentega dapat membantu Anda tetap makan sehat.

5. Makan Malam Lebih Awal

Pakar menyarankan makan malam lebih awal adalah pengubah permainan. Bahkan jika kamu tidak bisa melakukan ini setiap hari, tidak apa-apa. Lakukanlah 3 sampai 4 kali seminggu. Anda tidak akan merangsang kortisol Anda, Anda akan membantu produksi melatonin dan Anda akan tidur lebih nyenyak.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini