Kamis 27 Oct 2022 17:00 WIB

Masjid Abu al-Abbas al-Mursi Terus Dipercantik

Masjid Abu al-Abbas al-Mursi menjadi salah satu bangunan bersejarah di Alexandria.

Masjid Abu Abbas Al-Mursi
Foto: http://www.cheapholidayegypt.com
Masjid Abu Abbas Al-Mursi

IHRAM.CO.ID, Masjid Abu al-Abbas al-Mursi menjadi salah satu bangunan bersejarah dan paling indah yang ada di Alexandria. Bangunan ini didirikan di atas makam seorang ilmuwan Spanyol, Abu El Abbas El Mursi (1219-1286). Bangunan ini berdiri di alun-alun dan menghadap pelabuhan timur Alexandria.

Abu al-Abbas al-Mursi lahir dari keluarga kaya di wilayah Andalusia, Spanyol, pada 1219. Saat pengaruh Kristen menguat di Spanyol, ia bersama keluarganya hijrah ke Tunisia pada 1242. Selanjutnya, ia datang ke Alexandria yang saat itu menjadi tempat populer bagi kebanyakan ilmuwan Muslim.

Baca Juga

Abu al-Abbas menetap di Alexandria selama 43 tahun sebagai seorang sarjana dan guru, hingga akhirnya hayatnya pada 1286. Dia dimakamkan di sebuah bangunan kecil dekat pelabuhan timur di Alexandria.

Pada 1307, El Sheikh Zein El Din Ibn El Qattan, salah satu pedagang terkaya Alexandria, mengunjungi makamnya. Saudagar tajir ini kemudian mendanai makam dan kubah untuk makam Abu al-Abbas bersama dengan sebuah masjid kecil. Makam Abu al-Abbas ini kemudian menjadi tempat ziarah bagi banyak umat Islam dari Mesir dan Maroko yang melewati Alexandria dalam perjalanan ke Tanah Suci di Makkah.

Masjid ini terus dipercantik oleh para penguasa setempat. Masjid ini melakukan renovasi besar-besaran pada 1863. Sejak saat itu, sebuah festival tahunan dihadirkan untuk merayakan kelahiran Abu al-Abbas al-Mursi.

Selanjutnya, masjid ini kembali mempercantik dirinya pada 1943 di bawah Raja Farouq I. Sang raja membangun Midan el Masaged atau alun-alun masjid. Alun-alun ini mencakup luasan 43.200 meter persegi dan meliputi lima masjid lainnya yang berpusat di sekitar Masjid Abu al-Abbas al-Mursi. Masjid ini direnovasi dalam gaya Arab yang populer.

sumber : Republika

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement