Kamis 10 Nov 2022 11:25 WIB

Arab Saudi Berencana Hijaukan 100 Masjid

Upaya ini sebagai bagian dari inisiatif iklim dan lingkungan yang ambisius.

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah
Lebih dari 2,7 juta pohon ditanam di Timur Arab Saudi. Arab Saudi Berencana Hijaukan 100 Masjid
Foto: SPA
Lebih dari 2,7 juta pohon ditanam di Timur Arab Saudi. Arab Saudi Berencana Hijaukan 100 Masjid

IHRAM.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi berencana memperluas inisiatif untuk menghijaukan masjid di seluruh Kerajaan. Upaya ini sebagai bagian dari inisiatif iklim dan lingkungan yang ambisius.

 

Baca Juga

“Untuk inisiatif ini, kami berencana memiliki 100 masjid dalam lima langkah,” kata Kepala keuangan dari Greening of Mosques Initiative, Hamoud Alotaibi, dilansir dari Arab News, Rabu (9/11/2022).

“Langkah pertama 20 masjid dilanjutkan 20 masjid lagi sampai kita selesaikan dan finalisasi 100 masjid,” katanya. “Meskipun kami memiliki rencana untuk 100 atau 200 lagi, itu belum diumumkan,” tambahnya. 

 

 

Proyek ini merupakan bagian integral dari Inisiatif Hijau Saudi dan diluncurkan tahun lalu oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Itu berada di bawah pilar 'tingkatkan tutupan vegetasi dan kurangi degradasi lahan, salah satu dari empat pilar SGI yang dipamerkan di Konferensi Perubahan Iklim PBB, juga dikenal sebagai COP27. 

 

Proyek ini juga merupakan bagian dari yayasan penutup vegetasi nirlaba "Morooj" dan Otoritas Umum untuk Wakaf, di bawah kepemimpinan dewan menteri lingkungan, air dan pertanian. Ini bertujuan memanfaatkan air bekas wudhu, khususnya di masjid, karena hampir 65 persen dari semua air yang digunakan di seluruh Kerajaan digunakan untuk wudhu. 

 

“Sebanyak 65 persen dari semua air yang digunakan di masjid adalah air bekas wudhu. Mengambil keuntungan ini, kami membangun dan merancang instalasi pengolahan air bekas wudhu untuk menanam lebih dari 300 pohon di sekitar masjid,” kata Alotaibi.

 

Dia menambahkan mereka juga memperkenalkan taman bermain untuk anak-anak dan lansekap untuk meningkatkan kualitas hidup dan meningkatkan tutupan vegetasi. Proyek ini bertujuan mengubah area masjid menjadi ruang ramah keluarga dengan kawasan pejalan kaki, sementara setiap masjid akan memiliki instalasi pengolahan air wudhu yang akan digunakan untuk mengairi pohon yang ditanam.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement