Diskop dan UKM Sulsel Fasilitasi 1.000 Sertifikasi Halal Gratis

Rabu , 16 Nov 2022, 21:28 WIB Redaktur : Ani Nursalikah
Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memaparkan tata cara pengajuan permohonan sertifikasi halal kepada pelaku usaha. Diskop dan UKM Sulsel Fasilitasi 1.000 Sertifikasi Halal Gratis
Petugas Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) memaparkan tata cara pengajuan permohonan sertifikasi halal kepada pelaku usaha. Diskop dan UKM Sulsel Fasilitasi 1.000 Sertifikasi Halal Gratis

IHRAM.CO.ID, MAKASSAR -- Dinas Koperasi dan UKM (Usaha Kecil Menengah) Sulsel menyiapkan 1.000 sertifikasi halal terhadap 1.000 UMKM secara gratis sebagai upaya membantu pelaku UMKM agar produknya bisa masuk ke pasar modern atau ritel.

 

Terkait

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sulsel Sukarniaty Kondolele di Makassar, Rabu, mengungkapkan memfasilitasi sertifikat halal, sertifikat merek, dan Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT).

Baca Juga

"Ini sebagai upaya stimulan bagi UMKM dalam rangka inflasi. Biar mereka tetap eksis, bisa masuk ke pasar modern, perluasan ritel. Karena kalau mereka tidak punya sertifikasi kan tidak bisa. Jadi kita bantu," ujarnya.

Selain itu, terdapat juga fasilitasi sertifikasi merek atau Hak Kekayaan Intelektual (HAKI) untuk 150 UMKM, serta 350 Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-PIRT).

Sejauh ini, lanjut Sukarniaty, sertifikasi halal ini sudah mencapai 500-an UMKM. Ia berharap, melalui sertifikasi ini, pelaku usaha dapat meningkatkan kualitas produk, serta kemasan.

"Untuk proses sertifikasi itu, semua jadi indikatornya. Mulai kualitas, packaging dan sebagainya," ujar dia.

Untuk mendapatkan fasilitas ini, pelaku UMKM harus punya Nomor Induk Perusahaan (NIB). Pendaftaran dapat melalui aplikasi. Jika belum terakomodasi, maka tahun depan dapat diusulkan.

Selain layanan sertifikasi, sebelumnya Dinas Koperasi dan UKM Sulsel juga mengadakan Pelatihan Vokasional UKM Perempuan yang dikerjasamakan dengan Dekranasda Sulsel.

Pada pelatihan tersebut, berbagai macam keterampilan berwirausaha, seperti permodalan, manajemen, kemampuan sumber daya manusia, termasuk kelemahan dalam sistem produksi dan masalah hukum yang sering dihadapi UMKM.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini