Rabu 23 Nov 2022 01:26 WIB

Pariaman Siapkan Masjid Ramah Anak

Masjid sebagai tempat ibadah seharusnya juga memperhatikan hak anak

ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
ILUSTRASI SUNSET, MENARA MASJID, ILALANG, SILUET

IHRAM.CO.ID, JAKARTA --  Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, sedang mempersiapkan masjid di daerah itu ramah anak sehingga rumah ibadah umat Islam tersebut nantinya tidak saja ramai dari orang dewasa namun juga anak-anak."Kami sudah menjalin komunikasi dengan dewan masjid untuk menyiapkan masjid-masjid ramah anak di Pariaman," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman, Selasa (22/11/2022).

Ia mengatakan masjid sebagai tempat ibadah seharusnya juga memperhatikan hak anak dengan menyediakan ruangan yang ramah anak serta tidak terlalu membatasi aktivitasnya.Ia menyampaikan meskipun dalam konsepnya memberikan anak waktu dan tempat untuk bermain dan berkreativitas namun pelaksanaannya diatur agar tidak mengganggu fungsi utama masjid yang sesungguhnya.

Baca Juga

"Ini yang sedang kami upayakan dengan masjid di Pariaman," katanya.

Gusniyetti mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut pihaknya juga sudah membuat surat kerja sama dengan dewan masjid untuk menggerakkan masjid-masjid di Pariaman menjadi ramah anak.Ia berharap dengan masjid ramah anak maka dapat menciptakan generasi yang memiliki budaya ke masjid sehingga rumah ibadah itu menjadi semakin ramai.

 

Ia menambahkan pihaknya terus berupaya meningkatkan pemahaman seluruh elemen masyarakat di daerah itu terhadap pentingnya ramah anak dengan gencar melaksanakan sosialisasi.Terdata jumlah masjid di Pariaman lebih dari 60 masjid yang tersebar di empat kecamatan di daerah itu.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Pariamanmemperkuat pemahaman pemangku kepentingan mulai dari jajaran pemerintahan yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat, aparat penegak hukum, sekolah hingga pelaku usaha di daerah itu terhadap pemenuhan hak anak.

"Mungkin dari pantauan secara sepintas selama ini (pemenuhan hak anak) tidak terlalu difokuskan, jadi kegiatan ini dilaksanakan bertujuan untuk mengingatkan kembali bagi instansi dan peserta kegiatan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit di Pariaman.

Ia mengatakan dengan adanya kegiatan tersebut maka instansi pemerintahan terutama yang berkaitan dengan pelayanan langsung terhadap masyarakat dapat menjadikan kantornya ramah terhadap anak salah satunya menyediakan ruangan bermain anak.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement