Kamis 08 Dec 2022 12:44 WIB

Jokowi Tinjau Posko Bencana Gempa Bumi BIN di Desa Cijedil

Presiden Jokowi menyapa dan meninjau langsung para pengungsi.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Muhammad Hafil
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).
Foto: EPA-EFE/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau para korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

IHRAM.CO.ID,CIANJUR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau posko bencana gempa bumi Badan Intelijen Negara (BIN) di Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (8/12/2022). Di sana, Presiden menyapa dan meninjau langsung para pengungsi yang sudah hampir tiga pekan berada di posko tersebut.

“Tadi pagi sarapan pakai apa?” tanya Jokowi.

Baca Juga

“Roti, Pak,” jawab para pengungsi.

“Ini nasi dan ayam, dibawa dari Jakarta,” ucap Jokowi sambil membagikan makanan cepat saji dan juga sembako kepada para pengungsi.

Dalam kunjungan tersebut, Jokowi juga menyampaikan bahwa hari ini bantuan stimulan rumah kepada warga dan ahli waris korban bencana gempa bumi Cianjur beberapa waktu lalu akan mulai diberikan. Bantuan yang akan diberikan menyesuaikan tingkat kerusakan rumah.

“Alhamdulillah,” jawab para pengungsi secara serempak.

Jokowi berharap warga yang rumahnya terdampak gempa dapat mulai membersihkan rumahnya masing-masing sehingga nantinya dapat mempercepat proses pembangunan kembali. Selain itu, ia juga menyebut bahwa TNI dan Polri akan ikut serta membantu proses pembangunan rumah para warga terdampak gempa.

“Kita harapkan Bapak-Bapak nanti mulai membersihkan rumahnya, yang bisa dipakai, dipakai lagi, dibantu dari TNI dan Polri untuk membangun kembali. Jadi tidak diam, ada kegiatan,” ucap Jokowi.

Turut mendampingi Presiden dalam kunjungannya ini yakni Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat Letjen TNI Agus Subiyanto, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Deputi 2 Bidang Intelijen Dalam Negeri BIN Mayjen TNI Edmil Nurjamil, dan Kepala BIN Daerah Jawa Barat Brigjen TNI Ruddy Prasemilsa Mahks.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement