Ahad 25 Dec 2022 17:00 WIB

Perpustakaan Arab Saudi Memamerkan Koin Islam Kuno

Perpustakaan tersebut memamerkan manuskrip dan koin terpentingnya.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Hafil
Perpustakaan Arab Saudi Memamerkan Koin Islam Kuno
Foto: Arab News
Perpustakaan Arab Saudi Memamerkan Koin Islam Kuno

IHRAM.CO.ID,JEDDAH — Perpustakaan Umum Raja Abdulaziz (KAPL) Arab Saudi meluncurkan pameran koin dan manuskrip Islam selama empat hari sejak Rabu (21/12/2022) di sela-sela pertemuan tingkat menteri Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Dunia Islam di ibukota Maroko, Rabat. Pameran ini diselenggarakan dalam kemitraan dengan Otoritas Perpustakaan Saudi, Komite Nasional Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan, dan ICESCO

Pameran tersebut, yang dilindungi oleh Menteri Kebudayaan Saudi dan ketua NCESC Pangeran Badr bin Abdullah bin Farhan, diresmikan oleh Dr. Salem bin Mohammed Al-Malik, direktur jenderal ICESCO. Upacara tersebut dihadiri oleh 58 kepala delegasi dari negara-negara Islam yang berpartisipasi dalam pertemuan ICESCO.

Baca Juga

“Perpustakaan tersebut memamerkan manuskrip dan koin terpentingnya, mengungkapkan aspek sejarah kuno banyak negara Islam,” kata Direktur KAPL Dr. Bandar Al-Mubarak dilansir dari Arab News, Sabtu (24/12/2022).

Pameran ini berisi sekitar 50 koin langka dari seluruh dunia Islam, termasuk koin emas, perak, dan perunggu yang berasal dari era Umayyah, Abbasiyah, Andalusia, Fatimiyah, Ayyubiyah, Atabeg, Seljuk, dan Mamluk

Dua dari pameran yang paling menonjol adalah dinar emas yang diproduksi pada masa pemerintahan Khalifah Abdul Malik bin Marwan pada akhir abad ke-7 M dan dinar Makkah, salah satu contoh paling awal dari mata uang produksi Arab.

Selain pameran KAPL, ada juga acara yang menyoroti Kopi Saudi sebagai bagian dari Saudi Year of Coffee yang sedang berlangsung.

Pertemuan tingkat menteri di Rabat bertujuan untuk membahas cara-cara meningkatkan kinerja negara-negara Islam dalam Indeks Pengetahuan Global dan indikator terkait, serta berbagi gagasan tentang pendidikan, penelitian ilmiah, teknologi, dan inovasi.

Sumber:

https://www.arabnews.com/node/2221006/saudi-arabia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement