Ahad 08 Jan 2023 16:09 WIB

Al Ula Masuk Tujuh Keajaiban Dunia Versi Jurnalis Aaron Millar

Al Ula adalah situs warisan sejarah dunia di Arab Saudi.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Muhammad Hafil
Kota Al Ula di Arab Saudi akan segera meresmikan festival musim dinginnya. Festival kali ini dilaksanakan di Landmark AlUla yang paling menonjol, Tantora, Rabu (29/12).
Foto: AN Photo/Zaid Khashogji
Kota Al Ula di Arab Saudi akan segera meresmikan festival musim dinginnya. Festival kali ini dilaksanakan di Landmark AlUla yang paling menonjol, Tantora, Rabu (29/12).

IHRAM.CO.ID,JEDDAH — Kota warisan Al Ula di Arab Saudi utara telah dimasukkan dalam daftar tujuh Keajaiban Dunia tahun 2023. Daftar ini disusun oleh penulis perjalanan pemenang penghargaan Aaron Millar.

Seperti dilansir Saudi Gazette pada Ahad (8/1/2023) Al Ula adalah tempat sejarah dan warisan budaya yang luar biasa. Namun, hingga saat ini sangat sedikit orang di luar Arab Saudi yang mengetahui tempat tersebut atau mengunjungi wilayah itu. Menurut Millar, ketika situs itu secara resmi dibuka untuk pengunjung pada akhir tahun 2022, situs Al Ula mengungkap sepotong sejarah Arab berusia 200.000 tahun.

Baca Juga

Al Ula terletak di jantung gurun barat laut Arab Saudi, yang sebagian besar masih belum dijelajahi. Diperkirakan kurang dari 5 persen situs telah digali. Situs Warisan Dunia UNESCO Hegra (Al-Hijr) terkenal dengan makam monumentalnya yang rumit yang diukir di tebing batu pasir merah mencolok.

Kota Tua Al Ula adalah labirin rumah bata lumpur yang kini terbengkalai dengan warna tanah gurun. Ada seni cadas kuno dan restoran dari koki ternama,  termasuk Maraya, yang didirikan oleh koki berbintang Michelin Jason Atherton, dan terletak di atas gedung bercermin terbesar di dunia.

 

Dari Tujuh Keajaiban Dunia yang asli, hanya satu, yaitu Piramida Agung Giza  yang masih ada. Taman Gantung Babilonia, Mercusuar Alexandria, Kuil Artemis, Colossus of Rhodes, Patung Zeus di Olympia dan Mausoleum di Halicarnassus semuanya telah memudar menjadi debu dan kenangan. Jadi, Millar memutuskan untuk membuat daftar tujuh keajaiban dunia baru setiap tahun, memilih tempat paling menakjubkan di planet ini untuk melihat bintang, melihat satwa liar, dan panorama yang menakjubkan.

Selain Al Ula, situs lain yang masuk dalam daftar Tujuh Keajaiban Dunia Millar untuk tahun 2023 termasuk Mont Saint-Michel di Prancis, Gletser Perito Moreno di Argentina, Biara Sarang Harimau di Bhutan, Cappadocia di Turki, Lake District di Britania Raya dan The Sardine Run di Afrika Selatan.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement