Rabu 11 Jan 2023 16:31 WIB

Haji Expo 2023 Digelar di Jeddah

Haji Expo 2023 bertujuan membangun sistem terintegrasi untuk pengalaman jamaah.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah
Umat Islam berjalan keluar masjid usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22). Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah menegaskan bahwa vaksinasi meningitis bukan syarat wajib bagi jamaah umrah, termasuk jamaah umrah Indonesia. Haji Expo 2023 Digelar di Jeddah
Foto: ANTARA/Rivan Awal Lingga
Umat Islam berjalan keluar masjid usai melaksanakan ibadah Shalat Dzuhur di Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi, Kamis (27/10/22). Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq Al Rabiah menegaskan bahwa vaksinasi meningitis bukan syarat wajib bagi jamaah umrah, termasuk jamaah umrah Indonesia. Haji Expo 2023 Digelar di Jeddah

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Konferensi dan Pameran Layanan Haji dan Umroh edisi kedua diluncurkan pada Senin (9/1/2023) oleh Gubernur Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal serta Gubernur Madinah Pangeran Faisal bin Salman bin Abdulaziz. Pameran berlangsung di Jeddah Superdome dan akan berlanjut selama empat hari.

Dilansir di Arab News, Rabu (11/1/2023), pameran tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Haji dan Umroh. Haji Expo 2023 digelar dengan tema "Kualitas Sistem Pelayanan". Ekspo tersebut mengumpulkan 81 pembicara dari sektor publik dan swasta dari dalam dan luar Kerajaan, termasuk delegasi menteri urusan agama, kepala misi haji, dan otoritas lebih tinggi dari lebih dari 57 negara.

Baca Juga

Haji Expo 2023 bertujuan membangun sistem yang terintegrasi dan berkelanjutan yang berkontribusi untuk mengembangkan pengalaman jamaah dengan memanfaatkan ide dan visi para spesialis, melalui antisipasi arah masa depan, mengembangkan peluang kemitraan, dan menandatangani kesepakatan antara inisiatif lokal dan internasional, yang akan dengan demikian memperkaya pengalaman jamaah.

Hal itu juga untuk melibatkan inovator dan pengusaha untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan dalam haji, dan untuk meningkatkan kesinambungan dan pengembangan layanan yang diberikan kepada para jamaah.

"Melayani jamaah dari semua negara di dunia adalah prioritas utama, komitmen sejarah yang otentik, dan kehormatan besar yang dibanggakan oleh pemerintah Kerajaan. sehingga para peziarah dapat melakukan ritual mereka dengan damai dan mudah dalam perjalanan iman digital yang kaya," kata Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Al-Rabiah saat membuka expo.

Baca juga: Ustadz Fahmi Salim Jelaskan Pegunungan Makkah Menghijau Jadi Tanda Kiamat

Al Rabiah menyampaikan dua hal penting terkait expo. Yang pertama adalah bahwa jumlah jamaah haji musim 2023 akan kembali seperti sebelum pandemi tanpa syarat atau batasan usia. Dia juga mengumumkan pengurangan biaya premi asuransi komprehensif untuk jamaah umrah dari 235 riyal Saudi untuk satu jamaah umroh menjadi 88 riyal Saudi dengan penurunan tarif sebesar 63 persen. Serta pengurangan asuransi jemaah dari 109 riyal Saudi menjadi 29 riyal. Saudi dengan pengurangan tarif sebesar 73 persen, yang menjelaskan banyak hal tentang keinginan Kerajaan untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada jamaah.

Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa fasilitas yang diberikan kepada jamaah. “Pemegang visa umrah sekarang dapat mengunjungi kota mana saja di seluruh Kerajaan, dan sebagai imbalannya pemegang semua visa lainnya diperbolehkan untuk melakukan umrah, selain perpanjangan periode visa umrah dari 30 hari hingga 90 hari, meluncurkan platform Nusuk dan membuatnya tersedia untuk mengeluarkan visa dalam waktu kurang dari 24 jam secara elektronik," katanya.

Dia juga menyebutkan pekerjaan telah dimulai pada lebih dari 20 pameran dan 100 situs sejarah yang mendokumentasikan biografi Nabi Muhammad SAW, karena situs-situs kuno ini sedang dipersiapkan untuk menjadi tuan rumah bagi para pengunjung jamaah haji di musim haji ini untuk memperkaya perjalanan mereka. Al-Rabiah menunjukkan bahwa Pameran Haji adalah yang terbesar dari jenisnya, karena melibatkan semua pemangku kepentingan dari dalam dan luar Kerajaan untuk memfasilitasi perjalanan para jamaah di bawah satu atap.

Selama empat hari, para ahli dan spesialis yang berpartisipasi dalam Haji Expo akan membahas cara mengembangkan peta jalan untuk meningkatkan dan memperkaya perjalanan haji melalui 10 sesi utama, 13 panel diskusi, sesi 'Hajj Talk', dan 36 lokakarya, selain banyak lagi. menemani acara dan kegiatan seperti Pameran Islam serta 'Hajj and Umrah Challenge' Pada hari pertama, panel diskusi pembuka usai konferensi mengangkat tema ‘Quality and Competitiveness in Pilgrim's Serve: A Future Vision Panel termasuk Al-Rabiah, Saleh Al-Jasser, Menteri Transportasi dan Jasa Logistik, Bandar AlKhorayef Menteri Perindustrian dan Sumber Daya Mineral, Abdulrahman Al-Sudais Presiden Umum Masjidil Haram dan Urusan Masjid Nabawi dan Saleh Al-Rasheed, Menteri CEO Royal Commission for Makkah City and Holy Cites.

Panel pembukaan bertujuan menjelaskan upaya Kerajaan dalam melayani jamaah dengan membahas visi Kerajaan dalam mengembangkan sektor haji dan umrah dan aspirasinya untuk mencapai tingkat kualitas dan keunggulan tertinggi dalam layanan yang diberikan, serta mengejar kesinambungannya dan keberlanjutan.

Al-Jasser mengatakan musim haji melibatkan layanan transportasi dan logistik yang unik, karena proses pengangkutan jutaan orang dalam durasi tertentu dan singkat, serta mentransfer kebutuhan bagasi dan hal-hal lain dianggap sebagai proses yang luar biasa karena membutuhkan waktu yang lama, upaya besar perencanaan, kerja sama dengan berbagai lembaga dan manajemen risiko.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement