Sabtu 21 Jan 2023 05:53 WIB

Kemenag Riau Mulai Seleksi Petugas Haji

Perekrutan petugas haji mulai dilakukan Kemenag Riau.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
 Kemenag Riau Mulai Seleksi Petugas Haji. Foto:  Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)
Foto: Republika/Amin Madani
Kemenag Riau Mulai Seleksi Petugas Haji. Foto: Sejumlah petugas haji Indonesia sedang menyambut kedatangan jamaah haji Indonesia di Bandara Madinah, Arab Saudi. (Ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,PEKANBARU--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Riau mulai melakukan persiapan jelang keberangkatan jamaah haji tahun 2023.

Kepala Kanwil Kemenag Riau, Mahyudin mengatakan saat ini yang sedang berjalan adalah tahapan seleksi petugas haji. Pihaknya sengaja membuka lebih awal agar memiliki banyak waktu untuk menyeleksi petugas. Tujuannya supaya petugas yang berangkat benar-benar yang petugas yang paham dan berkopenten.  

Baca Juga

‎"Persiapan kita‎ saat ini sedang rekruitmen petugas, sengaja kita buka lebih awal supaya kita bisa mendapatkan petugas yang bagus," kata Mahyudin, Jumat (20/1/2023).

Sementara dari sisi calon jamaah haj menurut Mahyudin belum ada persiapan. Karena hingga saat ini penetapan kuota untuk daerah - daerah di Indonesia, termasuk Riau belum ditetapkan oleh pemerintah pusat.

"Untuk kepastikan kuotanya belum ditetapkan, tapi kemungkinannya diatas 5 ribu orang. Karena kuota kita secara nasionalkan sudah normal," ujarnya. 

Seperti diketahui, pada musim haji tahun 2023 ini, jamaah calon haji Riau akan diberangkatkan melalui Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau. 

Sejauh ini Kanwil Kemenag Riau bersama instansi terkait, termasuk Pemprov Riau mulai melakukan persiapan jelang keberangkatan haji tahun 2023 . Mahyudin menyebut Provinsi Riau yang dijadwalkan berangkat akhir Mei 2023 mendatang. 

"Sejak november tahun lalu kita sudah mulai rapat lintas sektor. Seperti dari Kemenag, dinas kesehatan, KKP, angkasa pura dan biro Kesra Setdaprov Riau," katanya.

 

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement