Selasa 07 Feb 2023 14:21 WIB

Robot Saudi Sara, Sapa Pengunjung LEAP23 Gunakan Dialek Lokal  

Sara disebut-sebut merupakan robot pertama yang menggunakan dialek Saudi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Robot Saudi Sara Sapa Pengunjung LEAP23 Gunakan Dialek Lokal   
Foto: Arabianbusiness
Robot Saudi Sara Sapa Pengunjung LEAP23 Gunakan Dialek Lokal  

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Sara, si robot berkebangsaan Saudi, menyambut pengunjung LEAP23. Selama acara, ia terlihat berbicara dengan menggunakan dialek lokal.

Sara disebut-sebut merupakan robot pertama yang menggunakan dialek Saudi. Ia telah menyambut sejumlah pengunjung Paviliun Digital Kerajaan di konferensi LEAP23 di Riyadh.

Baca Juga

Kegiatan LEAP23 saat ini sedang dipentaskan di Pusat Pameran dan Konvensi Riyadh. Acara ini bertujuan untuk menunjukkan investasi besar-besaran Kerajaan Saudi di sektor teknologi.

Dilansir di Arabian Business, Selasa (7/2/2023), lebih dari 9 miliar dolar AS dalam investasi teknologi diumumkan di sela-sela acara LEAP23 pada hari pertama. Namun, kehadiran Sara seolah lebih menarik perhatian dari kesepakatan dengan sejumlah angka besar itu.

 

 Sara diproduksi bekerja sama antara Saudi Digital dan Perusahaan Qss. Robot ini dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan pengunjung, menampilkan tarian populer, bahkan menanggapi pertanyaan.

Kamera bawaan yang ada dan menggunakan kecerdasan buatan membantu mengenali saat orang berdiri di depan robot. Percakapan akan dimulai saat pengunjung menyambutnya dengan kalimat “Halo Sara”.

Sara telah diprogram dengan model terlatih yang mengenali dialek berbeda dari dalam Kerajaan, menganalisis kalimat dan memahami isinya, kemudian memberikan jawaban yang sesuai dan mengirimkannya dalam bentuk teks. 

Sumber:

https://www.arabianbusiness.com/industries/technology/sara-the-saudi-robot-chats-and-dances-at-leap23

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement