Jumat 17 Feb 2023 16:01 WIB

Biaya Haji Singapura 2023 Naik Rp 17 Juta

Jamaah Haji asal Singapura yang berencana menunaikan ibadah haji.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Hafil
Biaya Haji Singapura 2023 Naik Rp 17 Juta. Foto:   Kabah (ilustrasi)
Foto: RepublikaTV/Sadly Rachman
Biaya Haji Singapura 2023 Naik Rp 17 Juta. Foto: Kabah (ilustrasi)

IHRAM.CO.ID,SINGAPURA -- Jamaah Haji asal Singapura yang berencana menunaikan ibadah haji tahun ini disebut harus membayar lebih dibanding lima tahun terakhir. Untuk pelaksanaan haji 2023, terjadi kenaikan senilai 1.500 dolar Singapura atau setara Rp 17.155.215

Paket termurah untuk Haji 2023 adalah 8.490 dolar Singapura (Rp 97.098.193,86) per orang. Harga paket rata-rata per orang adalah sekitar 14.150 dolar Singapura (Rp 161.830.323,09), belum termasuk bantuan medis darurat dan tiket pesawat.

Baca Juga

Dewan Agama Islam Singapura (MUIS) mengatakan, surat penawaran akan dikirimkan kepada 900 calon jamaah melalui SMS dan email. Kuota tersebut akan dialokasikan bagi mereka yang telah mendaftar, serta memenuhi syarat dan ketentuan haji tahun 2023.

Dilansir di Straits Times, Sabtu (11/2/2023), calon jamaah haji yang menerima penawaran tersebut harus memesan paket haji melalui 13 agen perjalanan resmi MUIS, dengan total 30 paket yang ditawarkan.

“MUIS menyarankan jamaah untuk mengevaluasi paket haji yang disetujui dengan hati-hati, berdasarkan kebutuhan individu dan keterjangkauan sebelum memutuskan paket haji pilihan mereka,” kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Mereka menambahkan, calon jamaah ini juga disarankan untuk membaca dan memahami isi Kontrak Pembelian Paket Haji, khususnya jadwal pembayaran, sebelum menandatangani hal tersebut.

Tidak hanya itu, bagi agen perjalanan yang disetujui juga telah disarankan untuk menjelaskan perincian lengkap dari kontrak tersebut.

Ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam. Umat Islam yang mampu secara fisik dan finansial, diharapkan untuk menunaikan ibadah haji ke Makkah, Arab Saudi, setidaknya sekali seumur hidup.

Pada Januari lalu, MUIS mengumumkan alokasi kuota Singapura untuk ziarah tahunan pada 2023 ini adalah 900 jamaah. Jumlah kuota ini sama seperti pada 2022 dan sebelum dimulainya pandemi Covid-19. Singapura awalnya dialokasikan 407 tempat pada 2022, tetapi kuota itu kemudian ditingkatkan.

Pada bulan Januari, Menteri Urusan Muslim Masagos Zulkifli menandatangani perjanjian haji 2023 di Jeddah, Arab Saudi. Perjanjian tersebut ditandatangai bersama dengan Menteri Haji dan Umrah Saudi Tawfiq Bin Fawzan Al Rabiah.

“Dr Tawfiq meyakinkan saya, bahwa dia dan timnya memahami aspirasi kuat calon jamaah haji dan akan meninjau permintaan Singapura untuk kuota haji yang lebih banyak,” kata Masagos dalam sebuah unggahan di Facebook saat itu.

Agen perjalanan resmi yang telah ditunjuk untuk pelaksanaan haji 2023 adalahAQ Travel & Tours, Azza Travel & Tours, Evershine Travel & Services, Hagel Travel & Tours, Hahnemann Travel & Tours, Halijah Travels, Hamidah Travel & Tours, Jalaluddin Travel & Services, Noor Mohamad Services & Travel, Nurhikmah Travel & Tours, Sha Travel & Tour, Shahidah Travel & Tours, serta TM Fouzy Travel & Tours.

Untuk informasi lebih lanjut tentang agen perjalanan resmi dan paket haji yang disetujui, MUIS menyebut jamaah dapat mengunjungi go.gov.sg/haj2023packages.  

Sumber:

https://www.straitstimes.com/singapore/muslim-pilgrims-from-singapore-to-pay-more-for-haj-in-2023

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement