Rabu 22 Feb 2023 06:05 WIB

Arab Saudi Rekrut 120 Ahli Sempurnakan Sistem Audio Masjidil Haram

Sistem audio dibuat agar suara adzan dan doa terdengar hingga jalan terdekat.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah
Ribuan jamaah haji mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa, 5 Juli 2022.  Arab Saudi Rekrut 120 Ahli Sempurnakan Sistem Audio Masjidil Haram
Foto: AP Photo/Amr Nabil
Ribuan jamaah haji mengelilingi Kabah di Masjidil Haram, di kota suci Mekah, Arab Saudi, Selasa, 5 Juli 2022. Arab Saudi Rekrut 120 Ahli Sempurnakan Sistem Audio Masjidil Haram

IHRAM.CO.ID, MAKKAH --  Pemerintah Arab Saudi merekrut lebih dari 120 ahli audio untuk menyempurnakan sistem suara di Masjidil Haram, Makkah. Penyempurnaan sistem audio tersebut termasuk memasang dari lebih dari 7.000 pengeras suara.

Melansir laman Al Alarabiya, Senin (20/2/2023), sistem audio di Masjidil Haram dibuat agar suara adzan dan doa terdengar di dalam masjid, halaman, hingga ke jalan terdekat. Tim ahli memastikan mikrofon, pengeras suara, dan sistem transmisi berfungsi dengan baik untuk menyiarkan suara dengan fidelitas tinggi.

Baca Juga

Ada dua ruang kendali yang digunakan untuk mengkoordinasikan sistem jarak jauh, satu ruang utama dan satu pusat tambahan yang terletak di area al Masaa'a. Bahkan, ada sistem suara cadangan yang dapat berfungsi jika yang utama gagal. Ini memastikan jamaah dapat menyelesaikan sholat mereka tanpa gangguan.

Masjidil Haram adalah masjid terbesar di dunia. Proyek perluasan yang sedang berlangsung bertujuan meningkatkan ukurannya menjadi 519.149 meter persegi.

Saat ini Pemerintah Saudi tengah melakukan perluasan Masjidil Haram, kali ini perluasan dilakukan di sisi utara masjid.  Detail arsitektur dipadukan dengan warisan Islam yang sudah lama ada digunkaan untuk menghiasi berbagai dinding, kubah, dan artefak di Masjidil Haram serta mempertimbangkan aliran udara dan cahaya alami.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement