Ahad 25 Jun 2023 19:45 WIB

Arab Saudi Siapkan 2,2 Juta Botol Air Zamzam Selama Musim Haji

Arab Saudi menggandakan kapasitas produksi maksimum air zamzam kemasan.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nora Azizah
Ilustrasi air minum di Masjid Nabawi (di luar masjid bukan zamzam) dan di dalam masjid (air zamzam).
Foto: Republika/Agung Sasongko
Ilustrasi air minum di Masjid Nabawi (di luar masjid bukan zamzam) dan di dalam masjid (air zamzam).

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Seiring dengan meningkatnya permintaan, Arab Saudi menyiapkan lebih dari 2,2 juta botol air Zamzam selama musim haji tahun ini. Dilansir dari laman Bernama pada Ahad (25/6/2023), Presiden Umum Urusan Masjid Agung dan Masjid Nabi Syekh Dr Abdulrahman Al-Sudais menyerukan penggandaan kapasitas produksi maksimum air Zamzam kemasan. 

Hal ini dilaksanakan di bawah Proyek Zamzam Raja Abdullah bin Abdulaziz, hingga mencapai 200 ribu botol per hari. Dr Al-Sudais mengatakan, layanan ini berupaya menyediakan air zamzam kepada para jamaah dengan cara yang mudah dan beradab. 

Baca Juga

Dr Al -Sudais menjelaskan ini menggunakan mekanisme otomatis terbaru melalui tahapan penjernihan air semenjak air keluar dari sumur hingga mencapai pabrik. Dia melanjutkan, air kemudian secara otomatis diletakkan pada botol dalam kemasan yang sehat dan aman tanpa campur tangan manusia. Hal ini dilakukan untuk menjaga kualitas dan keamanan air berkah yang diberikan kepada jamaah.

Di samping itu, Arab Saudi telah mengembangkan dan memperkenalkan beberapa layanan untuk pertama kalinya bagi jamaah yang berpartisipasi dalam Haji 2023. Hal ini untuk membantu mereka melakukan manasik dengan mudah dan nyaman.

Selain itu, layanan haji yang ditawarkan musim ini dibedakan. Sebab, layanan mengikuti perkembangan yang terjadi di dunia, yang meningkatkan fasilitasi kehidupan, seperti kecerdasan buatan dan lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement