Senin 10 Jul 2023 15:06 WIB

Jamaah Haji Baru Tiba di Madinah Diminta Perhatikan 5 Hal Ini

Selama delapan hari di Madinah, jamaah haji akan lebih banyak jalan kaki.

Rep: Agung Sasongko/ Red: Ani Nursalikah
Jamaah haji kuota tambahan dari kloter 96 embarkasi Solo atau  SOC 96  dengan 280 penumpang tiba di Hotel Gloria Fayrouz Al Massi (Syimaliyah), Selasa pukul 04.00 waktu Arab Saudi (WAS). Total sudah ada sembilan kelompok terbang (kloter) jamaah haji kuota tambahan yang telah tiba melalui Bandara Amir Mohammad bin Abul Aziz (AMAA) Madinah sejak 16 Juni 2023. Dijadwalkan masih ada tiga kloter lagi sehingga total kloter tambahan di Madinah mencapai 13 kloter.
Foto:

4. Kalau ragu dan tidak menguasai situasi dan kondisi, jangan pergi sendirian

Bagi jamaah haji, disarankan pergi berombongan atau berkelompok akan lebih aman. Karena sejatinya, pergi sendirian memiiki potensi tersasar lebih tinggi. Apalagi bagi jamaah haji yang berkategori lansia.

Pertama akan saling mengingatkan rute yang telah dilewati. Kedua, bisa tenang secara psikologis, karena walau tersasar ada yang menemani.

Jamaah yang berkelompok tidak akan mudah jatuh pada kepanikan atau stres. Dengan adanya beberapa orang, mereka lebih mudah mencari solusi bersama.

5. Selalu membawa serta alas kaki

Alas kaki atau sandal perlu mendapat perhatian khusus jamaah haji saat masuk ke masjid. Ini terkadang menjadi sumber kepanikan ketika jamaah hanya menaruh di rak yang ada di dekat pintu masuk masjid.

Begitu jamaah haji keluar masjid, ia tak perlu lagi mencari dimana posisi sandalnya berada. Ini juga sekaligus mengantisipasi bila ternyata pintu keluar dari masjid berbeda dengan pintu ketika masuk.

Beberapa kejadian, karena jamaah tidak menemukan sandalnya, ia terpaksa keluar masjid tanpa alas kaki. Bila dipaksakan, apalagi untuk berjalan kaki menuju hotel yang agak jauh, kaki jamaah bisa terluka atau melepuh. Apalagi ketika kejadiannya di siang hari yang panas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement