Rabu 26 Jul 2023 14:15 WIB

Operasional Penyelenggaraan Haji di Makkah Selesai

Fase kepulangan jamaah haji Indonesia dimulai pada 4 Juli 2023 melalui Bandara Jeddah

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah
Suasana di Pasar Kakiyah Makkah yang banyak dikunjungi jamaah haji Indonesia, Kamis (6/7/2023).
Foto:

“Jadi total telah didistribusikan 14.506.169 boks makanan jamaah haji Indonesia selama operasional haji di hotel Makkah. Ini di luar layanan katering Armina,” jelas Khalilurrahman.

Terkait layanan ibadah, PPIH telah menyiapkan 47 Konsultan dan Pembimbing Ibadah. Mereka melakukan layanan visitasi dan edukasi ke semua sektor jamaah haji. Tercatat, tim konsultan dan pembimbing ibadah melakukan 403 layanan visitasi dan edukasi. Selain itu, dilakukan juga layanan konsultasi, baik secara online maupun offline.

"Total ada 357 jamaah haji Indonesia yang dibadalhajikan. Sebanyak 179 jamaah adalah badal wafat. Mereka wafat sebelum pelaksanaan puncak haji. Selain itu, ada 161 jamaah badal karena sakit dan dirawat di RS Arab Saudi, sementara 17 jamaah lainnya dibadalhajikan karena sakit dan dirawat di KKHI (Klinik Kesehatan Haji Indonesia),” ujarnya.

Fase kepulangan jamaah haji Indonesia dimulai pada 4 Juli 2023 melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Tahap ini berlangsung hingga 19 Juli 2023. Siskohat mencatat ada 264 kloter dengan 99.919 jamaah yang pulang ke Tanah Air melalui Jeddah.

“Saat ini masih berlangsung proses kepulangan jamaah haji gelombang kedua dari Madinah. Sudah ada 131 kloter dengan 49.529 jamaah yang pulang melalui Bandara AMAA Madinah. Proses pemulangan jamaah gelombang kedua ini akan berlangsung hingga 3 Juli 2023,” jelasnya.

Khalilurrahman mengatakan, sampai hari ini, total ada 737 jamaah haji Indonesia yang wafat. Semoga mereka semua khusnul khatimah dan diterima amal ibadahnya.

Seiring dengan berakhirnya operasional haji Daker Makkah, para petugas akan dipulangkan ke Tanah Air. Sebagain petugas akan pulang pada 26 Juli 2023, sementara sebagian lainnya akan kembali sehari setelahnya.

“Alhamdulillah, secara umum operasional haji Daker Makkah berjalan lancar. Semoga jamaah haji Indonesia meraih haji mabrur. Para petugas juga mendapat keberkahan atas dedikasinya dalam memberikan layanan kepada jamaah, Aamiin,” kata Khalilurrahman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement