Jumat 09 Feb 2024 20:07 WIB

Kemenag Ogan Komering Ulu Ingatkan Calon Jamaah Haji Segera Lunasi Bipih

Hingga saat ini baru 248 CJH atau sekitar 71 persen calhaj yang sudah melunasi bipih.

Jamaah haji kloter pertama debarkasi Palembang berswafoto setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel, Senin (1/8/2022).
Foto: ANTARA/Feny Selly
Jamaah haji kloter pertama debarkasi Palembang berswafoto setibanya di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Sumsel, Senin (1/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BATURAJA -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji (CJH) asal daerah itu untuk segera melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (bipih) tahun 2024.

Kasi Haji dan Umroh Kemenag Ogan Komering Ulu (OKU) Abdul Muis di Baturaja, Jumat (9/2/2024), mengatakan, hingga saat ini dari 295 CJH, termasuk jamaah cadangan yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci tahun ini, tercatat baru 248 orang yang sudah melunasi Bipih.

Baca Juga

"Hingga saat ini baru sebanyak 248 CJH atau sekitar 71 persen yang sudah melunasi bipih," kata Abdul Muis.

Dia menjelaskan, pelunasan bipih merupakan kewajiban yang harus dilakukan oleh para calon haji yang masuk kuota keberangkatan tahun 2024 dengan tenggat waktu hingga 12 Februari 2024. Oleh sebab itu, ia kembali mengingatkan kepada seluruh calon jamaah haji untuk segara melunasi bipih di sejumlah bank yang sudah ditunjuk untuk mencegah penundaan keberangkatan ke Tanah Suci tahun ini.

 

"Jika hingga batas waktu yang ditentukan tidak melakukan pelunasan maka keberangkatan jamaah ditunda sampai tahun 2025," ujarnya.

Sesuai ketentuan, kata dia, setiap orang diharuskan membayar bipih sebesar Rp 53.943.134 dengan setoran awal Rp 25 juta. "Pentingnya pelunasan bipih ini karena menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh seluruh calon jamaah haji," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, Muis pun mengimbau para calon jamaah haji asal daerah itu untuk tetap menjaga kesehatan agar kondisi tubuh dalam keadaan prima ketika diberangkatkan ke Tanah Suci nanti. "Tetap ikuti protokol kesehatan yang kami berikan agar pelaksanaan ibadah haji berjalan lancar sesuai harapan," ujarnya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement