Rabu 06 Jan 2021 22:59 WIB

Jemaah Umroh Harus Vaksin, Kemenag Tunggu Syarat Arab Saudi

Masih menunggu pengumuman resmi dari kerajaan Arab Saudi.

Rep: Mabruroh/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jemaah Umroh Harus Vaksin, Kemenag Tunggu Syarat Arab Saudi (ilustrasi).
Foto: Saudi Gazette
Jemaah Umroh Harus Vaksin, Kemenag Tunggu Syarat Arab Saudi (ilustrasi).

IHRAM.CO.ID,JAKARTA -- Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi menyarankan, siapa saja yang hendak melakukan umroh agar mendapatkan suntikan vaksin virus corona. Menanggapi pernyataan itu, Kementerian Agama RI menyambut baik imbauannya.

"Tentu itu hal yang positif dalam konteks pencegahan dan pengendalian pandemi," ujar Direktur Bina Umroh dan Haji Khusus Kemenag Arfi Hatim dalam pesan tertulis, Rabu (6/1).

Sampai hari ini, kata Arfi, pihaknya masih belum membahas apakah vaksinasi virus corona akan masuk dalam persyaratan bagi calon jemaah umroh. Pihaknya juga masih menunggu pengumuman resmi dari kerajaan Arab Saudi. "Belum ada rilis resmi apakah itu untuk warga negara di luar Saudi yang akan umrah, kita tunggu saja," kata Arfi.

Arfi juga menegaskan, vaksin virus corona akan masuk dalam regulasi umroh apabila otoritas Saudi mensyaratkannya.

 

Sebelumnya Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Muhammad Saleh Benten mengatakan, bagi mereka yang hendak umroh disarankan untuk mendapatkan vaksin virus corona. Hal ini ia juga ungkapkan melalui akun twitternya.

"Siapapun yang mendaftar untuk mendapat vaksin virus corona melalui aplikasi Sehhaty dan ingin umrah, wajib mengambil vaksinnya,” ujar Benten.

Tindakan pencegahan dan protokol pencegahan sedang dilakukan untuk membendung penyebaran virus corona dan itu berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, kata menteri, seraya menekankan bahwa umrah "aman".

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement