Ahad 07 Mar 2021 05:35 WIB

Arab Saudi Cabut Pembatasan di Ruang Publik

Saudi akan mencabut sejumlah aturan pembatasan yang ditetapkan selama pandemi

Rep: Puti Almas/ Red: Esthi Maharani
Warga Arab Saudi disuntik vaksin Covid-19
Foto: Arab News
Warga Arab Saudi disuntik vaksin Covid-19

IHRAM.CO.ID, RIYADH — Pemerintah Arab Saudi akan mencabut sejumlah aturan pembatasan yang ditetapkan selama pandemi virus corona jenis baru (Covid-19). Diantara kegiatan yang diizinkan untuk beroperasi kembali adalah pusat kebugaran dan bioskop. Ketentuan ini mulai berlaku pada Ahad (7/3) besok.

Selain itu, kegiatan hiburan seperti tempat permainan akan diizinkan beroperasi kembali, serta restoran dan kafe diperbolehkan untuk menerima pelanggan makan di tempat. Meski demikian, larangan pertemuan dalam skala besar akan tetap diberlakukan hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Saat ini jumlah maksimal individu dalam satu pertemuan adalah 20 orang. Kasus Covid-19 harian di Arab Saudi sejauh ini dilaporkan mengalami penurunan, sejak puncak wabah pada pertengahan Juni tahun lalu, di mana jumlah kasus dalam satu hari dilaporkan mencapai hampir 5.000.

Sejak awal tahun ini, jumlah kasus Covid-19 per hari dilaporkan belum pernah mencapai 400. Meski demikian, aturan pembatasan tetap diperlukan, mengingat potensi penyebaran virus yang masih terjadi, termasuk adanya varian baru dari virus yang masih mengancam.

“Akan ada lebih banyak inspeksi dilakukan untuk memastikan bahwa semua individu dan perusahaan mematuhi tindakan pencegahan, dan denda dikenakan pada pelanggar,” ujar pernyataan dari Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, dilansir Al Arabiya, Sabtu (6/3))

Sejauh ini Arab Saudi mengkonfirmasi 379.092 kasus Covid-19, dengan kematian 6.519. Sementara, jumlah pasien yang dinyatakan sembuh adalah 369.922 orang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement