Rabu 24 Aug 2022 21:21 WIB

IAIN Kediri Luncurkan Rumah Moderasi Beragama

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri meluncurkan Rumah Moderasi Beragama.

Rep: Zahrotul Oktaviani / Red: Agung Sasongko
IAIN Kediri
Foto: Tangkapan Layar
IAIN Kediri

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri meluncurkan Rumah Moderasi Beragama dan Pusat Kajian Pancasila. Peluncuran ini ditandai dengan penyampaian orasi ilmiah oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi. 

"Rumah Moderasi Beragama dan Pusat Kajian Pancasila ini menjadi salah satu upaya IAIN Kediri untuk turut memperkuat ideologi negara," kata Rektor IAIN Kediri Wahidul Anam, dalam keterangan yang didapat Republika, Rabu (24/8/2022).

Baca Juga

Diselenggarakan secara luring, acara ini diikuti oleh tokoh masyarakat lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Kediri, ketua DRPD Kabupaten Kediri, tanaga pendidik dan tenaga kependidikan di IAIN Kediri.

Acara dibuka dengan penampilan barongsai dan tari remo. Hal ini menjadi simbol bahwa keharmonisan dapat tercipta dari sebuah perbedaan.

 

"Pada kesempatan kali ini, mari kita bersama-sama belajar (ngangsu kaweruh) kepada Prof Yudian Wahyudi selaku Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila supaya dapat mendudukkan penerapan agama dalam kehidupan berbangsa,” lanjutnya.

Dalam kegiatan yang sama, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menyampaikan orasi ilmiah, yang bertema Penguatan Ideologi Pancasila dan Moderasi Beragama. Ia menyampaikan pentingnya merawat nilai-nilai Pancasila sebagai perekat kerukunan dalam kehidupan beragama, sekaligus mensosialisasikan salam Pancasila sebagai salam persatuan.

Ia juga menilai tujuan diselenggarakannya kegiatan sangat penting yakni membumikan nilai-nilai Pancasila, kebhinekaan, toleransi, demokrasi, keadilan, kebangsaan, cinta tanah air dan cinta damai.

"Harapannya peresmian Rumah Moderasi Beragama dan Pusat Studi Pancasila ini dapat menjadi angin segar dan tumbuhnya keharmonisan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ujar Yudian.

Selanjutnya, sebagai tanda Rumah Moderasi Beragama dan Pusat Kajian Pancasila telah diresmikan, Rektor IAIN Kediri dan Kepala BPIP melakukan pemukulan gong. Seluruh rangkaian acara pun ditutup dengan pembacaan doa dan pertukaran cinderamata antara IAIN Kediri dengan BPIP.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement